December 6, 2022

BTN telah menjadi raja KPR di Indonesia

BTN telah menjadi raja KPR di Indonesia
BTN telah menjadi raja KPR di Indonesia

WARTAPROPERTI.COM | Jamak sudah dikenal produk pembiayaan kepemilika rumah dari perbankan yang bernama kredit pemilikan rumah atau disingkat KPR. Bahkan, per hari ini bank-bank umum nasional hingga bank-bank daerah pun semarak menelurkan produk-produk KPR mereka. Dan, Anda mungkin salah satu dari nasabah yang menjadi debitur penerima pembiayaan KPR. Tetapi tahukah Anda, bagaimana sejarah KPR dan kapan pertama kali KPR diperkenalkan di Indonesia?

Istilah kredit pemilikan rumah (KPR) pada awalnya diorbitkan oleh Bank BTN. Ini dibuktikan dengan realisasi KPR pertama kali di Indonesia oleh Bank BTN di Semarang pada 10 Juli 1976. Karena itu, BTN menetapkan Hari KPR setiap 10 Desember. Realisasi KPR pertama ini diberlakukan di kota Semarang dengan 9 unit rumah. Kemudian pada tahun yang sama menyusul di kota Surabaya dengan 8 unit rumah sehingga total KPR yang berhasil direalisasikan BTN pada 1976 adalah sejumlah 17 unit rumah dengan nilai kredit pada saat itu sebesar Rp 37 Juta.

Kini, Bank BTN merupakan bank yang fokus membiayai kredit perumahan. Porsi kredit perumahan masih mendominasi dengan komposisi 89,9% senilai Rp 124,93 triliun dari total kredit yang disalurkan BTN selama tahun 2015 sebesar Rp 138,96 triliun.

Sementara sisanya sebesar 10,1% atau sebesar Rp 14,03 triliun disalurkan untuk pembiayaan kredit non perumahan. Dengan strategi yang konsisten dijalankan BTN berhasil mencatatkan pertumbuhan kredit yang cukup agresif dan melampaui rata-rata industri perbankan nasional. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.