November 28, 2022
Nuvasa Bay, proyek milik Sinar Mas Land dan KOP Properties Pte Ltd di Batam
Nuvasa Bay, proyek milik Sinar Mas Land dan KOP Properties Pte Ltd di Batam

WARTAPROPERTI.COM | Keyakinan akan kebangkitan properti di tahun 2017 kian mengental. Sejumlah pengembang besar di Indonesia mulai pasang kuda-kuda untuk memasuki tahun 2017 dengan optimisme yang tinggi. Seperti yang dilakukan oleh Sinar Mas Land,  raksasa properti nasional ini dalam waktu dekat akan merilis proyek teranyar di Batam yakni proyek Nuvasa Bay. Untuk menggarap proyek ini, mereka menggandeng pengembang Singapura, KOP Properties Pte Ltd.

Menurut Ishak Chandra, CEO Strategic Development & Services Sinarmas Land kedua pihak menjalin kerjasama dalam pola joint venture dan kesepakatannya sudah ditandatangani di Singapura, Minggu 31 Juli 2016. Kerjasama ini juga mencakup investasi dengan total gross development value (GDV) tidak kurang dari 2 miliar dollar Singapura (SGD), setara dengan Rp 19,5 triliun.

“Kerjasama ventura ini menargetkan Nuvasa Bay sebagai destinasi wisata utama bagi turis lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Batam,” jelas Ishak sebagaimana dikutip Kompas.com, Senin (1/8/2016).

KOP Properties Pte Ltd adalah pengembang dengan rekam jejak yang baik di Singapura. Ini pula yang menjadi alasan mengapa Sinar Mas Land memilih berpartner dengan mereka. Sejumlah portofolio proyek dari pengembang ini adalah proyek sekelas The Ritz-Carlton Residences Singapura, Montigo Resort di Nongsa Batam, Cranley Hotel, London, dan Winterland, Shanghai. Kedua pengembang juga memiliki visi yang sama dengan konsentrasi garapan pada segmen kelas menengah atas.

Untuk tahap pertama, keduanya akan melansir golf residences atau hunian berpemandangan lapangan golf yang terdiri atas 550 unit kondominium dengan harga terendah 50.000 dollar AS atau setara Rp 652,4 juta, dan 200 unit hunian tapak (landed residential) seharga 100.000 dollar AS (Rp 1,3 miliar) per unit. “Kami akan memulai konstruksinya pada kuartal I-2017,” sebut Ishak.

Selain hunian, Nuvasa Bay yang dirancang seluas 228 hektar, mencakup vila, hotel, pusat perbelanjaan dan komersial, fasilitas hiburan dan lapangan golf 18-hole.

Nuvasa Bay dapat diakses dari Singapura dengan kapal Ferry dalam waktu tempuh 30 menit, dan 15 menit dari Bandar Udara Hang Nadim. Sementara itu, Pemerintah Kota Batam juga berencana membangun jalan lingkar luar dan jembatan menuju Nongsa diyakini Ishak akan membuat akses lebih mudah dengan waktu tempuh lebih ringkas sekitar 10-15 menit. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.