November 28, 2022

Penghuni di dalam rumah selebar 92 cm

Penghuni di dalam rumah selebar 92 cm
Penghuni di dalam rumah selebar 92 cm

WARTAPROPERTI.COM | Mungkin Anda tidak yakin dengan informasi satu ini, bahwa ada sebuah rumah di Warsawa, Polandia yang mencatatkan rekor baru sebagai rumah paling sempit di dunia. Ya, pada Oktober 2012, telah diumumkan selesainya pembangunan rumah tersempit di dunia. The Keret House adalah nama bagi rumah tersebut,  yang pertama kali disusun sebagai sebuah visi yang tampaknya mustahil. Visi ini digelontori oleh seorang arsitek Polandia Jakub Szczesny dari Centrala. Visi ini pertama kali disajikan sebagai konsep artistik selama festival WolaArt pada tahun 2009. Tiga tahun kemudian, visi itu telah menjadi kenyataan dan menciptakan sejumlah besar perhatian internasional ke kota Warsawa.

rumah tersempit di dunia
Penghuni sedang berbaring di space tempat tidurnya

The Keret House dibangun di antara dua struktur yang ada dari dua zaman sejarah. Ini adalah sebuah model arsitektur yang lebih dari sebuah seni instalasi yang bereaksi terhadap masa lalu dan sekarang dari Warsawa. Meskipun dibangun dengan semi-transparan, struktur jendelanya hanya 122 sentimeter, dan itu secara alami akan membuat interior terkesan tidak sesak.

The Keret House adalah sebuah rumah yang melayani tanpa batas. Ia tepat sebagai rumah sementara untuk penulis yang sering bepergian. Orang yang menempati rumah ini pertama kali adalah penulis berdarah Israel yakni Etgar Keret.

Arsitektur bangunan dari The Keret House
Arsitektur bangunan dari The Keret House

Keret House adalah sepenuhnya ruang yang fungsional di mana satu sama lain dapat hidup serta menciptakan. Ia terletak di antara bangunan di Chlodna 22 Street dan Zelazna 74 Street. “Kami sangat percaya itu akan menjadi simbol dari Kota Warsawa yang modern, yang mendarah daging dalam sejarah yang rumit. Gedung ini menarik perhatian media dari seluruh dunia. Kami berharap hal itu akan menunjukkan sisi yang paling menarik dari Warsawa,” kata kurator proyek Sarmen Beglarian dan Sylwia Szymaniak yang mendirikan Polandia modern Art Foundation.

Gedung ini terletak pada plot berukuran 92 cm di titik tersempit dan 152 cm di titik terlebar. “Itulah mengapa pada awalnya tampaknya bahwa pembangunan ini adalah mustahil, ” kata arsitek Jakub Szczesny. (AS/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.