December 3, 2022

Sketsa wajah Orange County milik Lippo Cikarang

Membludak, hari Jumat di Disneyland, Anaheim, Orange County
Membludak, hari Jumat di Disneyland, Anaheim, Orange County

WARTAPROPERTI.COM |Lippo Group melalui anak usahanya PT Lippo Cikarang Tbk., saat ini sedang gencar-gencarnya membangun Orange County di Cikarang, Bekasi. Di atas lahan seluas 322 hektar ini, raksasa bisnis di bawah kendali klan Riady ini akan menghadirkan sebuah kawasan elit baru yang mengusung konsep perkotaan di pantai barat Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, sang pendiri Mochtar Riady pun turun arena memromosikan proyeknya ini sebagai sebuah kawasan terintegrasi yang hadir di Cikarang, Shenzen-nya Indonesia di masa mendatang.

Mendengar nama Orange County, Anda mungkin belum familiar sebelum Lippo menghadirkan proyek mereka ini. Namun, ribuan tahun silam, di daratan benua Amerika tepatnya di pantai barat, misinionaris Katolik dari Spanyol mulai membangun kawasan yang bernama Orange County ini. Don Gaspar de Portola memimpin ekspedisi darat pertama melalui Orange County pada 1769, dan dua tahun kemudian Pastor Junipero Serra membangun misionaris Santo Gabriel di tempat yang sekarang dikenal dengan Los Angeles County itu. Baru pada tahun 1776, misionaris San Juan Capistrano tepatnya pada tanggal 1 November. Kedua misionaris ini sangat kental mewarnai aktifitas masyarakat di Orange County ketika itu mulai dari penggembalaan ternak khsususnya kuda, dan domba hingga tahun 1830-an.

Salah satu sudut kota di Orange County
Salah satu sudut kota di Orange County

Anaheim adalah kota Amerika pertama yang didirikan di Orange County. Pada tahun 1857, sekelompok imigran Jerman yang tinggal di San Francisco membeli sebagian dari Ranch San Juan Cajon de Santa Ana untuk memulai komunitas baru, dan membangun pabrik pembuatan anggur di atasnya. Mereka menggali parit irigasi, dan kebun-kebun anggur pun sudah ditanam sebelum penjajah masuk ke Anaheim pada tahun 1859.

Pada tahun 1868, wilayah dua sisi wilayah di Santa Ana River dijadikan pasar, dan di kota  Santa Ana, Anda dengan mudah berjumpa dengan orang-orang Tustin, Orange, Westminster, dan Garden Grove.  Pertanian pun menjadi tulang punggung ekonomi lokal. Anggur dan kismis, gandum, barley, dan jagung semua dikembangkan dengan sukses. Hingga pada 1870-an, sistem irigasi baru dibangun, yang memungkinkan lebih banyak pohon  yang ditanam, termasuk kenari, aprikot, dan jeruk.

Pada tahun 1870, kapal komersial pertama memasuki Newport Bay, yang kemudian menjadi titik pengiriman komodiri reguler di sepanjang pantai. The Southern Pacific pun membangun kereta api lokal pertama di tahun 1875, dan memperluas jalurnya selatan dari Los Angeles ke Anaheim. Jalur ini diperpanjang ke Santa Ana dua tahun kemudian.

Lokasi missionaris Juan Capistrano, penyebar agama Katolik di Orange County
Lokasi Juan Capistrano, penyebar agama Katolik di Orange County

The Southern Pacific memonopoli perekonomian di Southern California sampai 1885, ketika Santa Fe masuk melalui Cajon Pass. Kompetisi pun terjadi hingga menyebabkan ledakan real estate di seluruh wilayah meskipun hanya bertahan dalam waktu kurang dari dua tahun muncul banyak kota-kota baru seperti Carlton, San Juan-by-the-Sea, St. James, Fullerton, Buena Park, dan El Toro.

Ledakan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan akan kebanggaan lokal di akhir 1880-an menjadi pemicu terbentuknya Orange County sebagai sebuah wilayah setingkat kabupaten yang resmi. Sebetulnya, sejak awal tahun 1870, penduduk setempat telah mencoba untuk melepaskan diri dari Los Angeles dan membentuk kabupaten sendiri, tapi itu tidak terwujud hingga pada 1889 anggota parlemen asal California mengupayakan pemungutan suara untuk menentukan pembentukan county baru.

Awalnya, batas Orange County diusulkan ditarik di San Gabriel River, tapi garis batas kemudian dipindahkan ke selatan ke Coyote Creek untuk membantu mendapatkan dukungan dari Sacramento. Hal ini membuat marah Anaheim dan beberapa komunitas utara lainnya yang berharap untuk berada di dekat pusat kabupaten baru. Mereka menentang langkah tersebut. Santa Ana terpilih sebagai pusat pemerintahan kabupaten, dan Orange County pun secara resmi dibentuk pada 1 Agustus 1889.

Sampai tahun 1950-an, pertanian tetap menjadi bagian terpenting dari perekonomian Orange County ini. Tidak seperti tanaman lainnya yang menghilang, jeruk menjadi lebih dan lebih populer. Industri anggur tidak pernah pulih dari kanker yang menghancurkan pada 1886-1887. Petani di sana mulai menanam seledri, gula bit, dan kacang di tahun 1890-an. Sapi masih merumput di peternakan besar di ujung selatan county, sementara peternakan sapi diperluas di wilayah utara. Pada 1930-an, Orange County memproduksi seperenam dari seluruh kebutuhan jeruk di negara itu.

Sketsa wajah Orange County milik Lippo Cikarang
Sketsa wajah Orange County milik Lippo Cikarang

Industri minyak juga memainkan peran kunci dalam pengembangan Orange County. Sumur pertama yang berhasil dibor secara lokal pada tahun 1890 sepanjang tepi utara county. Ladang minyak pun segera dikembangkan di La Habra, Brea Canyon, dan Olinda.

Sebagian besar pertumbuhan Orange County di paruh pertama abad ke-20 itu didorong oleh kehadiran moda-moda baru transportasi. Antara 1904 dan 1910, Pacific Electric Railway membangun tiga cabang untuk melayani Orange County dengan “mobil merah besar.” Garis pantai memacu pembangunan dari Seal Beach ke Corona del Mar.

Pada tahun 1915, jalan raya California selesai dibangun di Orange County, dari La Habra ke San Juan Capistrano. Konstruksi jalan bebas hambatan dimulai pada tahun 1950 dengan pembukaan Santa Ana (I-5) Freeway, dan terus berlanjut ke tahun 1970-an. Pada tahun 1990-an, jalan tol ditambahkan di beberapa daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Selama Perang Dunia II, sejumlah pangkalan militer penting didirikan di Orange County, termasuk Korps Marinir di Stasiun El Toro, Pangkalan Militer di Los Alamitos dan Santa Ana Army Air Base. Pada akhir perang, banyak veteran memutuskan untuk menetap di Southern California, dan daerah itu mulai tumbuh dengan pesatnya hingga mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada pertengahan 1950-an, peternakan Orange County mulai digantikan oleh pertumbuhan real estate. Kota mulai mencaplok wilayah di setiap arah, dan kota-kota baru bertumbuh hampir setiap tahun. Antara tahun 1953 dan 1962 bermunculan Buena Park, Costa Mesa, La Palma, Garden Grove, Cypress, Westminster, Fountain Valley, Los Alamitos, San Juan Capistrano, dan Villa Park. Pada tahun 1963, populasi Orange County melampaui satu juta jiwa.

Pariwisata, manufaktur, dan industri jasa mulai mendominasi ekonomi lokal. Pembukaan Disneyland pada tahun 1955 membuat Orange County menjadi tujuan wisata internasional. Pada akhir 1950-an, perusahaan kedirgantaraan dan industri ringan mulai berkembang di sini, dan meningkatnya populasi berarti lebih banyak lagi kebutuhan akan rumah sakit, restoran, dan toko-toko. Hari ini, Orange County adalah rumah bagi lebih dari tiga juta penduduk, dengan 34 kota di dalamnya.

Orange County yang makmur, lebih dari sekadar lokasi awal untuk memulai wisata ke Disneyland dan Knott’s Berry Farm. Di wilayah ini, Anda dapat menemukan pantai-pantai menawan yang sangat cocok untuk berselancar dan berenang, pelabuhan yang mengagumkan, lapangan golf kelas atas, dan iklim Mediterania. Kota pantai berderet di tepi Samudra Pasifik, mulai dari Pantai Seal hingga Pantai Newport dan Pantai Laguna hingga San Clemente. Objek wisatanya antara lain adalah Mission San Juan Capistrano serta Perpustakaan dan Tempat Kelahiran Richard Nixon. Jika Anda tidak mengendarai mobil, tersedia Metrolink dan Amtrak yang menghubungkan berbagai tempat. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.