December 3, 2022

Meikarta Bisa Jadi Shenzhen-nya Indonesia

Mochtar Riady ingatkan jangan sampai bisnis Anda masuk kategori Sunset Industry
Mochtar Riady ingatkan jangan sampai bisnis Anda masuk kategori Sunset Industry

WARTAPROPERTI.COM | Untuk bisa tumbuh berkelanjutan, perusahaan harus sensitif terhadap perubahan zaman, teknologi, dan keinginan pasar. Zaman terus bergulir, dan saat ini masyarakat serta dunia usaha dihadapkan pada era revolusi industri keempat. Di mana nanoteknologi, teknologi digital, dan industri berorientasi jasa semakin berkembang.

Demikian dikatakan oleh Founder Lippo Group, Mochtar Riady di Jakarta beberapa hari lalu usai diganjar sebuah penghargaan bisnis. Menurut dia, “Sekarang zaman digital, apapun digital. Maka, bisnis juga harus mengikuti. Contohnya dengan tren alat pembayaran secara elektronik atau e-payment, maka tidak lama lagi ATM akan jadi besi rongsokan. Jadi kita harus waspada bahwa digital akan mengubah kita semua, mengubah semua cara-cara kerja.”

Peringatan dari Mochtar, sebuah bisnis yang mengikuti zaman tidak akan masuk kategori sunset industry. Ia pun bercerita tentang pertemuannya dengan pimpinan Sritex, dia bertanya bisnis apa yang harus dilakukan? “Karena Sritex tekstil, maka saya tanya apakah ada orang yang tidak pakai baju. Saya berusia 88 tahun dan saya masih terus butuh pakaian yang bagus. Maka, tekstil industri bukan sunset industry, tapi sunrise tergantung pengusahannya bisa melihat kebutuhan masyarakat dan perubahan dalam teknologi ini apa tidak.”

Mochtar juga mengatakan,  di masa depan, mobil diprediksi tidak akan membutuhkan bahan bakar minyak lagi, melainkan baterai seiring kemajuan teknologi. “Kilas balik bisa dilihat bahwa 150 tahun yang lalu segala industri tidak bisa terlepas dari dinamo motor, sekarang semuanya bergantung dengan chip.”

Di bidang elektronik, juga sudah terjadi perubahan besar. Di mana, empat perusahaan teknologi besar Jepang diambil alih oleh Tiongkok (China) dalam lima bulan terakhir. Sementara di bidang automotif, pabrik Nissan dan Mitsubishi di Jepang diambil alih oleh perusahaan Eropa. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.