November 28, 2022

Mangkuluhur City di Kawasan Bundaran Semanggi, Jakarta

WARTAPROPERTI.COM | Lama hilang dari peredaran, membuat klaim bahwa kerajaan bisnis putera-puteri Alm. Soeharto telah usai pun seolah sulit terbantahkan. Namun siapa sangka jika putera kesayangan presiden kedua negara ini, diam-diam telah menancapkan cengkeramannya dalam industri properti dengan melahirkan sejumlah proyek properti di sejumlah kota?

Jumat lalu (09/09/2016), Hutomo Mandala Putera atau Tommy Soeharto tampak hadir dalam acara tutup atap Office Tower One Mangkuluhur City, sebuah proyek prestisius yang terletak di seputaran bundaran Semanggi, Jakarta Pusat. Proyek multifungsi atau mixed use development ini terdiri dari empat menara yang salah satunya bakal dibangun setinggi 80 lantai. Total nilai konstruksi proyek ini menembus angka 1 miliar dollar AS atau setara Rp 13,07 triliun.

“Ini merupakan tengara (land mark) kota. Kita belum punya gedung setinggi itu dengan kategori supertall,” ujar Tommy.

Selain proyek Mangkuluhur City yang dibangun di atas lahan seluas empat hektar, proyek berikutnya yang sedang dikerjakan dan bakal mengubah wajah koridor Gatot Subroto, Jakarta Selatan adalah Gayanti City. Tommy bilang Januari 2017 nanti, Gayanti City juga akan tutup atap (topping off).

Gayanti City dirintis sejak 2013 dengan poyeksi nilai konstruksi Rp 2 triliun melalui bendera PT Buana Pacifik International. Proyek ini dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar, Gayanti City bakal berisi dua menara apartemen berkonsep loft  150 unitmasing-masing setinggi 39 lantai dengan harga jual perdana Rp 35 juta per meter persegi. Sementara itu juga akan dibangun satu menara perkantoran 33 lantai dengan harga jual mulai dari Rp 40 juta per meter persegi.

Tommy juga punya bisnis hotel bintang lima di Solo sementara di Bali, megaproyek yang menjadi magnit buat para investor untuk bergabung adalah Pecatu Indah Resort. Proyek ini dirancang di atas lahan seluas 400 hektar. Juga, proyek yang sudah dan akan dikembangkan mencakup Pecatu Indah Hotel and Resort yang terdiri dari Le Grande Suite, New Kuta Hotel, The Rich Prada, Lexington Klapa Resort, 7 Haven, Jumeirah, New World Grand Resort, dan Amari Pecatu.

Berikutnya Golf Residence and Townhouse yang terdiri dari Aster Villas, 17 Hole Villas, Bougenville Villas, dan Entertainment dan Amusement yang meliputi New Kuta Golf, Klapa, dan New Kuta Green Park. Setelah Bali, daerah berikutnya yang akan digarap adalah Provinsi Bangka Belitung (Babel). Di sini, Tommy akan mengembangkan Golf Hotel and Resort.(HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.