December 3, 2022

Hamparan kawasan industri

WARTAPROPERTI.COM |PT Wika Realty dikabarkan tengah serius membahas pemanfaatan landbank mereka seluas 81 hektar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rencananya anak usaha BUMN Wijaya Karya ini akan  mengembangkan kawasan industri di Paranglo, Makassar. Pembangunan akan dibagi dalam dua tahap. Demikian diungkapkan Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk. Suradi Wongso di Jakarta, kemarin (06/09/2016).

Wongso mengatakan sebagai tahap pertama Wika Realty akan mengembangkan separuh dari total luas lahan itu dan ia memperkirakan nilai investasi yang akan digelontorkan mencapai Rp1 triliun. “Saat ini kami mencari mitra strategis dan yang sudah pembicaraan hingga proses LDD (legal due diligence) baru satu perusahaan swasta dari China,” katanya.

Suradi mengatakan Wika Realty menargetkan pada akhir tahun ini sudah dapat mulai membuat rencana garis besarnya. Apalagi, program-program perencanaan pengembangan kawasan dengan cadangan yang sudah dimiliki dipastikan akan menarik lebih banyak investor. Proyek ini, lanjutnya, diharapakan dapat menunjang langkah strategis Wika Realty untuk dapat melakukan penawaran umum perdana pada 2017.

Makassar adalah gerbang timur wilayah Indonesia. Kota ini  diyakini akan sangat menjanjikan sebagai sebuah daerah strategis untuk pengembangan industri maupun properti komersial lainnya. “Wika Realty juga sudah melakukan kajian tentang potensi kawasan tersebut, daerahnya dekat dengan dengan pelabuhan sehingga kami optimis dapat menarik banyak perusahaan yang bergerak dibidang logistik,” ujar Suradi.

Jika kawasan industri tersebut sudah dapat beroperasi dengan baik, perusahaan akan memulai untuk merencanakan proyek selanjutnya. Proyek selanjutnya dipastikan untuk mengakomodir dan menunjang kawasan industri seperti perumahan. “Untuk kawasan industri selain Makassar kami juga sudah mengajukan rencana ikut mengembangkan kawasan industri Kuala Tanjung seluas 3.000 hektare di Sumatra Utara, tetapi masih terlalu dini untuk dibicarakan. Kami akan fokus pengembangan Makassar terlebih dahulu.” (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.