December 6, 2022

Mochtar Riady, Founder Lippo Group

WARTAPROPERTI.COM | Lippo Group memiliki gaya bisnis yang khas dan sulit diprediksi orang. Sejumlah langkah yang dilakukan korporasi ini jauh dari bayangan orang kebanyakan. Siapa yang pernah menduga pesatnya perkembangan kawasan Cikarang dalam 3 tahun terakhir ini? Padahal lama sebelum ini, perkembangan Lippo Cikarang yang dikembangkan pada awal 1990-an begitu lambat. Justru kalah jauh dibandingkan dengan Lippo Karawaci yang sangat pesat perkembangannya itu.

Bahkan pada Agustus 2015 saat sang taipan Mochtar Riady mengatakan bahwa Cikarang akan menjadi Shanzennya Indonesia, banyak yang menduga itu hanyalah impian dari Mochtar. Pasalnya Orange County pun diperkirakan akan mengulang nasib sama dengan Holland Village di Cempaka Putih yang hingga hari ini masih sebatas rencana dibangun.

Namun dalam perkembangannya, selangkah demi selangkah kawasan Orange County yang dimaksudkan oleh Mochtar itu mulai menunjukan progres maju.Berbagai kerjasama dilakukan oleh Lippo, lebih khusus lagi dengan perusahaan dan investor dari Jepang. Yang paling anyar, salah satu tower di Orange County Lippo Cikarang telah dibeli perusahan Jepang Sanko Soflan Holdings.

Sanko Soflan Holdings merupakan perusahaan Negeri Sakura yang fokus pada pembangunan rumah khusus orang tua. Selain membeli 1 tower, anak perusahaannya, yakni PT Sanko Soflan Indonesia baru saja meresmikan proyek Palm Springs Serviced Apartment seluas 6.000 meter persegi di kawasan Casa de Lago, Lippo Cikarang, Bekasi. Dan setelah Palm Springs Serviced Apartment, Sanko Soflan tengah mempersiapkan proyek berikutnya juga di Lippo Cikarang.

“Sebanyak 559 unit di Burbank Suites dibeli Sanko Soflan dengan harga kalau nggak salah Rp 500 miliar pada Juli 2015 lalu,” kata Chief Marketing Officer LPCK Stanley Ang, di Cikarang, Jumat (30/9/2016).

Sementara itu, Chairman Sanko Soflan Holdings Seiichi Takahashi menyatakan investasinya di Burbank Suites merupakan salah satu upayanya dalam berkontribusi terhadap pengembangan Orange County sebagai Hub di Koridor Timur Jakarta. Sama dengan Palm Springs, Seiichi berniat menjadikan sebagian lantai atas di Burbank Suites sebagai apartemen servis.

“Sebanyak 200-300 unit di sebagian lantai atas akan kami jadikan apartemen servis, sedangkan di lantai bawah kami jual ke orang kaya Jepang untum dijadikan tempat tinggal atau disewakan,” pungkas Seiichi.

PT Sanko Soflan Indonesia juga rupanya memiliki berniat melanjutkan kerja sama proyek lain dengan Lippo Cikarang. Di Jepang,  Sanko Soflan Holdings yang bergerak di sektor pembangunan nursing home atau rumah khusus orang tua.

“Kami telah membangun sekitar 273 nursing home di dunia dan sedang dalam tahap pembicaraan dengan Lippo Cikarang untuk bisa membangunnya di lokasi ini (Cikarang),” kata Seiichi Takahashi.

Pihak Lippo Cikarang kemudian menyambut baik wacana tersebut dan siap membantu PT Sanko Soflan Indonesia untuk bisa mewujudkan core business dari perusahaan tersebut di Indonesia. “Di Indonesia, secara habit rumah khusus orang tua atau lansia ini belum banyak diminati. Oleh karena itu , kami akan membicarakan sambil melakukan riset terkait itu,” ujar Stanley Ang. (HH/FOTO:IST)

Leave a Reply

Your email address will not be published.