December 3, 2022

Diperkirakan Maret 2017, ruas jalan tol layang Becakayu ini akan beroperasi

WARTAPROPERTI.COM | Apabila tiga hingga lima tahun silam, Bekasi mendapatkan cemoohan di media sosial sebagai kawasan dari planet lain yang menempel di Kota Jakarta, maka stigma itu sebentar lagi akan pudar. Salah satu aspek yang paling nampak dalam kecepatan pembangunan Bekasi adalah dari aspek infrastruktur dan moda transportasi publik yang tersedia bagi warganya. Bahkan, dibandingkan dengan regio-regio penyangga Jakarta lainnya, Bekasi memiliki akses langsung masuk ke Jakarta yang paling banyak dibandingkan wilayah lain seperti Bogor, Depok dan Tangerang.

“Ya, warga Bekasi harusnya mensyukuri perkembangan pembangunan yang mereka rasakan sebentar lagi. Dalam catatan kami, ada sejumlah progress yang sangat pesat di bidang infrastruktur dan moda transportasi umum untukĀ  Bekasi. Mereka memiliki lebih banyak akses masuk ke Jakarta serta pilihan moda transportasi publik untuk mengakses Jakarta, ketimbang wilayah lain,” ungkap Ferdinand Lamak, Chairman Center for Urban Development Studies (CUDES) di Jakarta, kemarin (8/11/2016).

Dalam catatan CUDES, untuk akses tol Bekasi saat ini hanya memiliki dua pilihan yakni ruas tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Outer Ring Road (JORR), namun Maret 2017 nanti warga Bekasi akan memiliki tambahan 1 ruas tol lagi yakni Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu atau yang disingkat Becakayu.

“Tambahan satu lagi akan hadir beberapa tahun ke depan yakni ruas tol Pulogebang – Sunter yang akan menyambut arus komuter Bekasi yang selama ini menempuh jalur Bekasi – Pulogadung di Jakarta Timur. Saat ini proses pembebasan lahan tengah dimulai karena pemerintah butuh sekira 5 hektar lebih untuk membangun ruas tol ini,” ungkap Lamak memaparkan.

Pilihan lain yang akan membuat warga Bekasi dapat melayang ke Jakarta dengan mudah melalui moda transportasi umum yakni LRT atau light rail transit yang sekarang sedang gencar dikerjakan dan melintasi sisi kanan ruas tol Cikampek – Jakarta.

Selain itu, Bekasi juga menjadi wilayah di luar DKI Jakarta yang pertama kali tersambung dengan moda transportasi publik milik DKI Jakarta yakni busway TransJakarta. Diketahui, ruas koridor busway yang menghubungkan PulogebangĀ  dan Pulogadung dilanjutkan masuk ke wilayah Bekasi dan berakhir di dalam terminal kecil milik Kota Harapan Indah di Bekasi Barat.

CUDES juga memaparkan moda transportasi publik konvensional yang sejak lama sudah membantu mobilitas komuter asal Bekasi untuk masuk ke Kota Jakarta. Antara lain kereta listrik yang sebentar lagi akan merambah dari stasiun terakhir di Bekasi hingga Cikarang.

Belum lagi ruas jalur arteri yang bertebaran di berbagai penjuru dari Bekasi ke Jakarta. Anda bisa menempuh jalur di sisi selatan dari Jati Asih menuju Pondok Gede dan masuk ke Jakarta melalui Pangkalan Jati atau Kawasan Halim Perdanakusuma atau lewat Kramat Jati. Atau ruas tengah yang melintasi beberapa track yakni Kalimalang atau Basuki Rachmat yang menyusuri sisi kanal banjir timur dan masuk ke Kampung Melayu, atau via Jalan Raya Bekasi ke arah Pulogadung.

“Bagi mereka yang tinggal di wilayah Bekasi Utara dan hendak masuk ke Jakarta wilayah Utara, mereka dapat memiliki jalur utara yang menembus ke kawasan Rorotan hingga ke Jalan Raya Marunda dan masuk ke wilayah Tanjung Priok,” papar Lamak lagi. (HH/ Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.