December 3, 2022

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Belanda, Melanje Schultz van Hagen

WARTAPROPERTI.COM | Belanda merupakan salah satu negara sumber referensi bagi bangsa lain di dunia, jika ingin belajar mengenai bagaimana mereka mengelola alam, khususnya pada manajemen dan pengendalian air. Mereka merancang, mulai dari bagaimana menjaga kota yang permukannya lebih rendah dari permukaan laut, hingga bagaimana mengendalikan banjir. Indonesia pun kebagian untuk menjalin kerjasama itu dan hari-hari ini Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Belanda Melanje Schultz van Hagen sedang berada di Indonesia dengan beberapa agenda penting seputar hal di atas.

Setelah kemarin (21/11/2016) bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono di kantor Menteri PUPR, Jakarta, hari ini Hagen akan berkunjung ke Semarang. Kunjungan ke Semarang merupakan agenda penting menteri perempuan ini, karena Kota Semarang merupakan salah satu kota yang kerap dilanda banjir rob. Penyebabnya antara lain muka laut lebih tinggi daripada daratan.

Kepada Hagen, Basuki yang akan mendampinginya ke Semarang mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan berbagai upaya penanggulangan. Misalnya dengan cara memasang polder-polder. Di Semarang telah dibangun 5 polder, yaitu satu di barat, dua di tengah, dan 2 di daerah pinggiran. Salah satu polder ini dibangun atas kerjasama dengan pihak Belanda.

Pembangunan polder dimaksudkan untuk mencegah rob dari laut khususnya dari Banjir Kanal Timur Semarang. Polder ini memiliki area tangkapan sebesar 543 hektar di Timur Semarang.  (HH/Foto: KMPS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.