December 6, 2022

Jangan ketika apartemen Anda dilalap jago merah

WARTAPROPERTI.COM | FLORESKITA.COM | Sekira pukul 20.00 malam tadi (9/11/2016), bangunan Neo SOHO di kawasan Podomoro City, Tanjung Duren, Jakarta Barat dilalap api. Api yang belum diketahui sumbernya hingga malam tadi, menjalar dari lantai 6 menuju ke atas hingga mencapai lantai 38 bangunan yang belum rampung itu. Sontak, kepanikan pun terjadi di dalam kawasan yang juga terdapat pusat perbelanjaan Central Park itu.

Kebakaran yang terjadi di apartemen milik PT Agung Podomoro Land, Tbk. ini mengingatkan warga Jakarta pada peristiwa kebakaran apartemen di kawasan TB Simatupang baru-baru ini. Seiring dengan mulai jamaknya warga kota khususnya Jakarta memilih tinggal di hunian jangkung mulai dari apartemen hingga rumah susun, maka berikut ini kami sajikan beberapa tips praktis dan hal-hal yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran pada hunian jangkung Anda.

  1. Buatlan rencana penyelamatan. Jika terjadi kebakaran, setiap penghuni apartemen atau rumah susun harus segera membuat rencana penyelamatan bersama-sama dengan penghuni tetangganya. Segera bertemu dengan penghuni di sekitar Anda dan rencanakan secara cepat skenario penyelamatan, bagaimana tahapan mengevakuasi, siapa yang lebih dahulu dievakuasi dan yang paling penting adalah ketahuilah jalur penyelamatan melalui pintu dan tangga darurat.
  2. Temui manajemen apartemen. Apabila masih ada waktu untuk melakukannya, segera hubungi manajemen gedung yang mengelola apartemen itu dan koordinasikan langkah penyelamatan dengan mereka. Dengan begini, langkah evakuasi yang Anda dan kelompok Anda lakukan, dapat dibantu oleh tim penyelamatdari luar gedung yang berkoordinasi dengan manajemen gedung tersebut.
  3. Carilah tempat yang aman sambil menunggu proses evakuasi. Tentu tidak semua Anda akan melakukan proses evakuasi secara serentak. Pasti akan ada yang mendapatkan prioritas seperti anak-anak, orang tua dan kaum perempuan. Maka, sebagian yang masih menunggu harus mencari tempat atau space yang aman agar mudah melakukan proses evakuasi.
  4. Pilih tangga, jangan lift. Dalam kondisi kebakaran, jangan pernah Anda menggunakan lift untuk melakukan evakuasi. Gunakanlah tangga karena tangga lebih aman sekalipun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai lantai bawah yang aman.
  5. Carilah tempat yang lapang setelah tiba di bawah. Perhatikan bahwa kebakaran di apartemen akan menimbulkan jatuhnya puing-puing yang masih bernyala dari atas ke bawah. Oleh karena itu, setelah tiba di lantai bawah, segera cari areal yang lapang dan jauh dari bangunan sambil menunggu proses evakuai selesai. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.