November 28, 2022

Patung Kuda

Oleh:F. Rach. SUHERMAN, Property Excellence & Advisory (PEnA)

Pada hampir setiap proyek properti yang dibangun oleh Ir. Ciputra, akan Anda dapati “patung kuda” dengan aneka gaya dinamiknya. Itulah cara Pak Ci memberikan interpretasi seni lukis Hendra yang diubah jadi 3D berbentuk patung. Perumahannya keren dan bikin seneng penghuni. Dari pada tumbuh ilalang?

Tidak ada ada satupun pengembang di negeri ini yang gila, mau keluarin duit ratusan juta rupiah sampai milyaran hanya untuk bangun patung-patung gitu. Ciputra memang lain. Patung Sudirman dan Diponegoro itu juga sumbangsihnya setelah Soekarno wafat dan Soeharto mikir yang lain.

Tetapi ada juga yang ingin fenomenal dengan bikin tulisan raksasa. Di tepi laut Batam ada huruf-huruf raksasa, bertuliskan: COSTARINA. Itu rencana nimbun laut ala The Palm di Uni Emirate Arab. Proyeknya istirahat dan huruf-hurufnya kelak akan tinggal kata COST (biaya).

Alam Sutera punya “gerbang kemakmuran” mirip Arc de Triomphe di Champ de Elysee Paris.

Ada juga yang bikin macan, tapi artisnya kurang mantab sehingga mirip kuda nil. Maksudnya, mau bikin elang tapi kok kayak perkutut kaget. Siswono (Siswono Yudohusodo-red) itu keren, bikin patung di Kemang Pratama di Bekasi.

Patung sebagai penghias proyek, bisa sekaligus menjadi ajang apresiasi seni. Yang penting jangan disembah dan ditaburi kembang. Patung itu, ya semen yang dibentuk jadi wujud keindahan. Kadang juga bisa jadi kebanggaan. Jadi, kalo mau bikin untuk proyek Anda, ya serius sekalian ya…

Anda tahu Hachiko?
Hachiko adalah patung anjing kebanggaan warga. Letaknya di depan stasiun Shibuya, Jepang. Anjing yang mati setelah sekian lama menunggu tuannya yang tiba-tiba tidak pernah lagi muncul pada suatu sore. Hachi yang setia, biasanya setiap pagi mengantar ke stasiun dan sore menjemput tuannya.

Kalau belum tahu, nontonlah film-nya Richard Gere, “Hachiko : A dog’s tale” (2009). Disitu Anda akan tahu bahwa anjing saja bisa setia, kenapa Anda belum? Guk…guk… (Foto: Bang-Bank Art)

Leave a Reply

Your email address will not be published.