November 27, 2022

Kebakaran gedung di Jakarta

WARTAPROPERTI.COM | Apabila dihitung mundur, dalam kurun waktu tiga bulan belakangan telah terjadi tiga peristiwa kebakaran gedung di Jakarta. Uniknya lagi, ketiga gedung tersebut adalah bangunan yang baru bahkan belum tuntas dikerjakan. Bahkan, dua kejadian terakhir hanya terpaut dua hari saja dimana baru saja gedung Casa Domaine, Jakarta Pusat terbakar dua hari sebelumnya, tadi malam menyusul Soho @ Podomoro City di Jakarta Barat.

Sebelumnya terjadi kebakaran pada Swiss-belhotel pada Minggu (7/8/2016), yang juga masih dalam tahap pembangunan. Hotel tersebut merupakan bagian dari area komersial bisnis bernama Kirana Commercial Avenue besutan pengembang PT Nusa Kirana.

Ketiga bangunan ini merupakan proyek yang konstruksinya belum selesai dikerjakan. Hal ini memantik komentar dari para pelaku dan ahli konstruksi. Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Davy Sukamta saat dihubungi Kompas tadi malam (9/11/2016) mengatakan, kebakaran ini menunjukkan kontraktor belum menjalankan atau memperhatikan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“K3 ini melibatkan keseluruhan proses konstruksi. Kontraktor harus punya program K3 yang baik,” ujar Davy Sukamta.

Aturan mengenai K3 sendiri dituangkan dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003. Lebih lanjut, UU ini diturunkan kembali untuk mengatur pedoman penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012.

Dengan adanya pedoman tersebut, kata Davy, kontraktor harusnya menjalankannya dengan disiplin kuat. Ditambah lagi, penggunaan material pada gedung juga terkadang memicu kebakaran. “Aluminium panel kadang dilapisi bahan yang malah mudah terbakar. Jadi api menjalar lewat fasad,” kata Davy.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sonny Sumarsono hari ini (10/11/2016) mengatakan, pemerintah Propinsi DKI Jakarta akan memperketat pengawasan terhadap gedung-gedung bertingkat terutama yang menjuulang tinggi agar kejadian seperti ini tidak teruang lagi.

Adapun kebakaran yang terjadi di Neo Soho belum diketahui penyebabnya. Saat berita ini diturunkan, pemadam kebakaran masih mencoba untuk memadamkan api yang terlihat melalap konstruksi tersebut. (KMPS/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.