November 27, 2022

Bandara Wunopito, Lewoleba, Lembata

WARTAPROPERTI.COM | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menjanjikan pemerintah akan segera memperpanjang landasan lapangan terbang di Lembata (NTT) dalam waktu dekat. Saat ini Lembata suah memiliki sebuah bandara yang hanya memadai untuk pesawat sekelas ATR-40 atau Fokker 27, yakni Bandara Wunopito, Lewoleba.

“Saya perhatikan untuk pariwisata banyak sekali yang dapat dikembangkan di Lembata ini, oleh karena itu kami akan segera memperpanjang landasan bandara di Lembata ini agar bisa mendukung pariwisatanya,” katanya saat menghadiri Peringatan Hari Nusantara di Lembata, awal pekan ini (13/12).

Ia mengatakan, perpanjangan landasan bandara tersebut nantinya juga selain akan disinggahi pesawat baling-baling tetapi juga nanti akan ada pesawat-pesawat Jet. Oleh karena itu ia mengharapkan agar Pemda setempat dapat membantu agar nantinya perpanjangan lahan tersebut tak terkendala dengan lahan.

“Kalau sudah ada pesawat jenis jet yang masuk saya yakin pastinya akan mendatangkan banyak turis di Lembata,” tambahnya.

Disamping itu Luhut juga mempersoalkan listrik di daerah itu yang selalu mengalami kekurangan daya dan perlu adanya perbaikan, kemudian jalan raya di Lembata juga menurutnya perlu diperbaiki. Presiden Joko Widodo telah mengatakan dirinya inginkan pemeratan ekonomi tidak hanya terpusat di pulau-pulau Jawa tetapi juga di wilayah Timor.

Oleh karena itu hingga saat ini pembangunan-pembangunn terus digalakan. Untuk NTT sendiri menurutnya sebuah progres yang luar biasa karena baru pertama kali dalam sejarah NTT ada pembangunan tujuh bendungan. Luhut mengharapkan agar masyarakat jangan terlalu mengkritik tetapi juga harus kritik yang membangun.

Menko-Kemaritiman menghadiri Peringatan Hari Nusantara 2016 di Lembata mewakili Presiden Joko Widodo yang tidak sempat hadir karena melakukan lawatan ke India. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.