December 3, 2022

Patung Christ of Vung Tau, Vietnam

WARTAPROPERTI.COM | Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia namun tetap menampilkan kehidupan yang harmonis dalam keberagaman. Paling tidak dari simbol-simbol religius yang ada di Nusantara ini. Siapa sangka jika, di negeri ini telah hadir statue atau patung Yesus Kristus tertinggi di dunia jika dihitung dari permukaan laut (1.100 mdpl) dan lokasi patung itu berada di Buntu Burake, Tanah Toraja, Sulawesi. Rekor ini mengalahkan patung Christ of Redeemer di Rio de Jeneiro, Brazil yang meskipun badan patung masih lebih tinggi dari yang ada di Tanah Toraja, namun kalah tinggi dari permukaan laut.

Namun sebentar lagi, rekor ini baik di Tanah Toraja maupun di Rio de Jeneiro ini pun akan dipatahkan oleh patung Kristus Raja yang akan dibangun di Kefamenanu, ibukota Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. Pasalnya, pemerintah daerah setelah sudah mengumumkan akan membangun patung tersebut pada 2017 dan akan menghadirkan sebuah patung dengan ketinggian badan patung setinggi 58 meter. Pembangunan patung ini akan diserentakan dengan pembangunan Taman Doa yang berada di dalam satu kawasan.

Raymundus Fernandez, Bupati TTU kepada media akhir pekan lalu di Kefamenanu mengatakan, “Patung yang nanti kami bangun itu lebih tinggi dari patung Kristus Raja di Brasil (38 meter), Timor Leste (27 meter) dan di Toraja (40 meter). Kami merancangnya setinggi 58 meter,” katanya di Kefamenanu, Jumat (9/12/2016).

Total anggaran yang disiapkan untuk pembangunan megaproyek untuk skala kabupaten di daerah seperti NTT mencapai Rp58 miliar. Angka ini akan dialokasikan secara multiyears dari APBD Kabupaten TTS dengan target tahun 2017 akan dialokasikan Rp10 miliar.

Menurut Raymundus, alasan pemilihan angka 58 (meter), karena bertepatan dengan berdirinya Kabupaten TTU yakni pada tahun 1958. TTU merupakan salah satu kabupaten yang tidak dikenal oleh banyak orang. TTU dalam banyak kesempatan selalu tertinggal dari perhatian nasional, terlebih internasional.

“Kondisi inilah yang membuat saya melahirkan gagasan mendirikan sebuah taman doa dan patung tinggi ini, sehingga bisa dilirik oleh banyak pihak baik itu di tingkat nasional maupun internasional,” tutur Raymundus.

Selain itu, lokasi patung Kristus Raja dan Taman Doa di Kilometer 4, kebetulan berdekatan dengan sebuah masjid. Hal ini bisa mengingatkan adanya kehidupan toleransi yang kuat di TTU. Antarumat beragama bisa hidup berdampingan dan saling menghormati.

Kehadiran patung Yesus Kristus tertinggi di NTT ini menambah sebuah destinasi wisata religius di NTT yang sebelumnya sudah memiliki Semana Santa di Larantuka, Flores Timur. (HH/Foto: HH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.