November 29, 2022

Master Plan proyek Pluit City milik Agung Podomoro

WARTAPROPERTI.COM | Mencermati program-program dan rencana aksi yang disampaikan oleh ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anda hanya akan menemukan isu reklamasi yang digaungkan kencang pada pasangan nomor pilih tiga, yakni Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Dalam perbincangan Mata Najwa, 26/1/2016, pasangan ini memaparkan argumentasi mengapa rencana ini harus dihentikan.

“Proyek reklamasi ini kan sedang dalam kajian pemerintah pusat dan seyogyanya pemerintah propinsi ini harus menghentikan (rencana itu-red),” tegas Sandi.

Meskipun Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan sudah menegaskan bahwa proses reklamasi dilanjutkan, namun bagi Sandi dan pasangannya, proses kajian masih berjalan di Bapenas.

Sandi mengatakan bahwa proses reklamasi ini berlangsung sangat tertutup dan tidak berkeadilan. Proses ini juga sudah melahirkan kasus hukum bahkan sudah ada vonisnya. Sehingga kepercayaaan masyarakat kepada proyek ini sangat-sangat rendah.

“Ini yang kita mau perbaiki. Ujung-ujungnya itu, pembangunan ini buat apa dan buat siapa,” tegas Sandi.

Pasangan ini juga menegaskan bahwa apabila kedua terpilih keduanya akan menghentikan proses reklamasi. Mereka juga menyatakan bahwa pihaknya sadar sungguh bahwa menghentikan reklamasi akan berhadapan dengan sejumlah konsekwensi.

Bagi pasangan ini, ungkap Sandi, pemerintah memastikan akan turun tangan untuk membantu warga untuk menyelesaikan persoalan antara pengembang dan pembeli yang dirugikan dalam kaitan dengan reklamasi Teluk Jakarta. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.