December 6, 2022

Lahan kosong milik perusahaan swasta

WARTAPROPERTI.COM | Landbank atau bank tanah adalah sebuah hal yang jamak di industri properti. Apalagi bagi pangembang yang memiliki sejumlah agenda pembangunan di masa depan. Selama ini, perlakukan pajak terhadap landbank, tidak ada perbedaannya dengan pajak bumi dan bangunan pada umumnya. Namun, hampir pastiĀ  pemerintah akan memajaki secara progresif tanah yang menganggur alias tidak digunakan secara produktif.

“Iya, kami akan koordinasi antarpemerintah. Pak Presiden kan sudah menyampaikan berkali-kali kalau masalah tanah adalah salah satu faktor produksi yang penting,” ujar Menkeu di Jakarta, Senin (23/1/2017).

Menurut Ani, di dalam perekonomian satu negara, peran tanah memang sangat strategis untuk menciptakan produktivitas ekonomi bila dimanfaatkan dengan baik. Namun dalam kenyataanya, tidak semua tanah dimanfaatkan untuk kepentingan produktif, malah banyak yang didiamkan dalam kurun waktu tertentu sembari menunggu harga tanahnya naik.

“Ini (tanah) bisa menyelesaikan masalah kesenjangan, produktivitas, bisa menyelesaikan masalah pajak. Jadi banyak hal yang sangat strategis yang berhubungan dengan tanah,” kata Ani.

“(Rencana) Ini sudah diinstruksikan Bapak Presiden. Menteri Pak sofyan Djalil, Menko perekonomian sedang menggodok dan kami akan bekerja sama untuk bisa menuangkannya ke dalam kebijakan,” sambung perempuan yang kerap disapa Ani itu.

Sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil menyoroti banyaknya pihak yang melakukan investasi tanah sehingga harga tanah semakin melambung. Di satu sisi, masyarakat kecil yang membutuhkan tanah justru tidak mampu membeli tanah lantaran harganya yang terus meninggi. (KMPS/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.