December 3, 2022

Hunian dari kontainer bekas

WARTAPROPERTI.COM | Membayangkan tinggal di dalam sebuah kontainer bekas, mungkin terasa sulit apalagi dengan bentuk kotak tertutup sebagaimana apa adanya. Namun, bagaimana jika sudah dimodifikasi menjadi sebuah bilik hunian yang minimalis, dibuatkan jendela, dipasangkan pengatur ruangan atau AC dan dilapisi lantai atau karpet licin dan dinding dicat berwarna indah?

Terlepas dari fungsinya sebagai tempat tinggal atau hunian, kontainer bekas menjadi bahan pembuat hunian yang unik.

Keunikan itu pula yang menjadikan sejumlah tempat dan bangunan berbahan kontainer bekas di bawah ini jadi kondang di dunia.

Keetwonen Complex Houses

Sebuah kawasan hunian kontainer terbesar di dunia yang bernama Keetwonen ini terletak di Amsterdam, Belanda. Ini adalah rumah atau asrama untuk 1.000 siswa yang dirancang oleh Tempo Housing Design. Kawasan ini sangat populer di kalangan siswa dengan kualitas hunian yang sangat baik. Dinding yang kedap suara, interior luas, isolasi yang baik, dan kenyamanan yang luar biasa.

Freitag Shop

Shop Freitag di Zurich, Swiss adalah sebuah bangunan tertinggi di dunia yang terbuat dari kontainer. Tumpukan kontainer bekas yang memiliki ketinggian hingga 85 kaki ini merupakan gambaran sejati dari upaya go green living.

Container House by Leger Wanaselja

Leger Wanaselja’s Container House, adalah sebuah rumah tradisional yang terletak di atas bukit di pinggiran kota yang menghadap ke East Bay San Francisco, California. Mempunyai luas 1.350 meter persegi, rumah dengan 3 kamar tidur ini adalah hasil penggabungan 3 kontainer berukuran 40 feet, 2 ditumpuk satu sama lain. Sementara itu, atap dan lantai, menggunakan isolasi selulosa agar tahan air, green seal untuk cat pada interior, dilengkapi dengan karpet wol 100 persen, dan lantai bambu.

Illy Push Button House

Adam Kalkin telah membangun sebuah rumah dari kontainer pengiriman dan menjadikannya sebuah ruang hidup yang menakjubkan. Dijuluki “Push Button House”, dengan sekali tekan tombol, kontainer tersebut akan berubah menjadi sebuah rumah yang lengkap dengan lima ruangan, yaitu kamar tidur, dapur, ruang tamu, perpustakaan, dan tentu saja WC.

Greentainer

Dirancang oleh Exposure Architects, Proyek Greentainer di Gandino, Italia, merupakan proyek pembuatan sebuah kontainer yang diubah menjadi sebuah ruang serbaguna untuk berbagai macam keperluan. Kontainer yang digunakan adalah kontainer dengan ukuran 40 kaki dengan tinggi 2,7 meter. Kontainer ini memasang panel surya di bagian atasnya sehingga bisa menghasilkan sumber listrik sendiri. (AS/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.