November 27, 2022

Pembangunan jalan layang non tol Kapten Tendean - Ciledug

WARTAPROPERTI.COM | Pembangunan koridor baru TransJakarta menimbulkan konsekwensi desain jalur busway yang mau tidak mau harus disesuaikan dengan kondisi ruas jalan yang sudah ada. Itu pula yang menyebabkan, pada sejumlah titik, bangunan halte busway pun terasa menyulitkan pengguna busway. Seperti yang terjadi di koridor Ciledug-Kapten Pierre Tendean yang paling anyar dibangun dengan total panjang 9,3 km. Pada koridor ke-13 ini, Anda dapat menyaksikan posisi atau letak halte busway yang tidak lasim.

Pada koridor ini, jalur busway melintasi jalan layang di atas perempatan Mampang Prapatan. Lantaran ini pula, halte busway pun harus dibangun dengan menempel ke jalan layang. Alhasil, total general ketinggian yang harus ditempuh oleh pengguna jasa busway pun mencapai sekira 20 meter ketinggian dari permukaan tanah. Tentu saja, halte setinggi ini akan menyulitkan para penumpang untuk mengaksesnya.

Wartaproperti.com yang memantau langsung kondisi halte busway tersebut pada Rabu, (04/01/2016) dan mcoba mengakses halte tersebut merasakan bagaimana tersiksanya para pengguna jasa busway untuk mengakses ini. Dalam kecepatan yang normal, waktu tempuh untuk mengakses halte ini bisa mencapai 5 menit. Apalagi bagi kaum perempuan yang sedang mengandung, orang tua atau lanjut usia, penyandang disabilitas serta anak-anak.

Untungnya, pemerintah DKI Jakarta berencana akan mengombinasikan tangga halte ini dengan eskalator. Informasi yang diperoleh dari beberapa pekerja yang ada di lokasi menyebutkan, pada bagian paling atas nantinya akan dipasang eskalator untuk memudahkan para pengguna menuju ke halte.

Tidak hanya halte ini saja, dalam perencanaannya, akan ada tiga halte yang dikombinasikan dengan eskalator, antara lain halte Cipulir, Carrefour Kebayoran Lama, dan Simpang MRT (CSW). Semua halte ini berada di koridor yang sama yang membentang dari Ciledug melalui Kebayoran Lama, Trunojoyo, hingga Kapten Tendean. (AS/Foto: Kmps)

Leave a Reply

Your email address will not be published.