December 3, 2022

Ir. Ciputra (tengah) dan Candra Ciputra (kiri)

WARTAPROPERTI.COM | Presiden Direktur PT Ciputra Development Tbk. Candra Ciputra manyampaikan keyakinannya bahwa industri properti akan berkembang lebih baik di tahun ini ketimbang kondisi tahun sebelumnya. Hal itu beralasan karena dirinya optimistis kondisi perekonomian tahun ini yang bakal tumbuh lebih baik mengingat Indonesia telah melewati 2016 dengan baik.

Candra juga menyampaikan sejumlah parameter lain yang mendasari optimisme pihak Ciputra Group. Menurut dia, pasar komoditas juga mulai terlihat merangkak naik. Hal tersebut direfleksikan dari harga batu bara yang saat ini sudah mencapai 80 dollar AS. Kenaikan harga batu bara yang terjadi lebih cepat dari proyeksi ini menunjukkan ekonomi dunia mulai membaik.

“Mestinya Indonesia juga seperti itu, proyek di luar Jawa kan banyak yang sifatnya komoditas. Tahun ini mereka akan punya uang lagi untuk beli properti,” tutur Candra.

Candra mungkin menjadi satu dari sedikit pengembang papan atas yang lebih realistis menanggapi optimisme di balik diberlakukannya pengampunan pajak. Meski mengakui adanya tanda-tanda positif dari diberlakukannya tax amnesty namun ia mengatakan, efeknya tidak secepat yang diinginkan.

Itu pula yang menyebabkan Ciputra pun mengagendakan sejumlah proyek yanng akan dikembangkan yang terdiri dari Citra Plaza Jakarta, proyek apartemen dan kantor seluas 1,4 hektar, dan CWJ 2 Extension The Newton 2.

Selanjutnya apartemen dengan luas semi-gross sekitar 30.000 meter persegi, CitraLand Cibubur seluas 86 hektar, Citra Plaza Batam, proyek mixed-use seluas 4 hektar, CitraLand Tallasa Makassar seluas 116 hektar dan Beach Resort Sadana Bali. Sedangkan proyek komersialnya adalah CiputraMall  dan Yello Hotel di Citra Raya Tangerang. (HH/Foto: Ist)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.