November 29, 2022

USB Port di bangku bis angkutan umum

WARTAPROPERTI.COM | Bicara inovasi teknologi, semua sudah mahfum bahwa Jepang adalah salah satu negara di Asia pada masa ini yang jadi kiblat penemuan teknologi baru, selain Korea dan belakangan China. Dengan teknologi, Jepang juga selalu punya cara untuk memanjakan warganya. Salah satunya menghadirkan USB Charger di dalam bus umum.

Ini adalah hal yang sederhana tetapi sangat dibutuhkan, tidak hanya oleh orang Jepang, tetapi juga mungkin Anda. Selain membaca buku, kebiasaan orang Jepang saat di kendaraan umum adalah bermain ponsel. Kebiasaan yang belakangan ini mulai merengsek masuk ke Indonesia. Mulai mengakses media sosial, mendengarkan musik hingga bermain game.

Aktivitas itu pun tentu saja akan menguras baterai ponsel. Meski kini ada powerbank, pemerintah Jepang sepertinya ingin lebih mempermudah warganya. Mereka memasang USB charger, agar sepanjang perjalanan warga dapat mengisi ulang ponsel atau tabletnya. Sementara powerbank dapat disimpan untuk kebutuhan mobilitas.

Saat ini pemerintah Jepang telah melakukan uji coba di sejumlah bus di Tokyo. Mereka menempatkan charger di dinding bus. Ada juga yang diposisikan persis di depan tempat duduk penumpang Belum diketahui kapan penerapan USB Charger ini secara meluas. Tapi dipastikan layanan tersebut tidak akan dikenakan biaya alias gratis, demikian dilansir dari IT Media, Senin (23/1/2017).

Dengan makin meningkatnya kualitas layanan dari bis Trans Jakarta, barangkali manajemen busway milik Pemprov DKI Jakarta pun patut meniru apa yang dilakukan pemerintah Jepang ini. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.