December 3, 2022

Skytrain di Bandara Soetta akan menghubungkan terminal satu dengan lainnya

WARTAPROPERTI.COM | Dalam hitungan lima bulan ke depan atau tepatnya pada Juni 2017 mendatang, Bandara Soekarno Hatta Jakarta sudah mengoperasikan skytrain sebagai moda transportasi moderen untuk memindahkan penumpang dari satu terminal ke terminal lain. Skytrain merupakan kereta tanpa pengemudi yang juga dikenal sebagai automated people mover system (APMS).

Dalam keterangan tertulisnya kepada media hari ini, (8/2/2017), Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pengoperasian pada Juni 2017 menggunakan satu trainset yang terdiri dari dua kereta dengan kapasitas total dapat menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari terminal 2 ke terminal 3 maupun sebaliknya. Dua bulan berikutnya atau Agustus 2017, tiga trainset akan dioperasikan penuh dengan kapasitas angkut 528 orang.

Awaluddin menargetkan, headway skytrain di tiap terminal maksimal lima menit. Waktu tempuh skytrain dari terminal 1 menuju integrated building ke terminal 2, dan terminal 3 ditetapkan sekitar tujuh menit.

“Sejalan dengan upaya menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara transit, skytrain ini  jelas akan mempermudah perpindahan penumpang pesawat antara terminal 1, terminal 2, dan terminal 3,” kata  Awaluddin.

Kelak, skytrain juga akan terhubung dengan moda transportasi kereta dari Jakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta. Sampai hari ini, pembangunan infrastruktur kereta menuju bandara masih dikerjakan. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.