November 28, 2022

Pintu tol yang melayani transaksi non tunai

WARTAPROPERTI.COM | Bagi Anda pengguna jalan tol terutama di wilayah Jabodetabek, pernahkah Anda menghitung berapa banyak perbandingan jumlah antara gate yang menerima pembayaran tunai dengan non tunai? Semakin hari, semakin sedikit pintu tol yang menerima pembayaran tunai, hal mana yang secara langsung memaksa pengguna untuk beralih dengan pembayaran non tunai.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo awal pekan ini di Jakarta memastikan bahwa penerapan transaksi non tunai pada seluruh gerbang tol di Indonesia akan terwujud pada tahun 2017.  Menurut dia, itu adalah program yang akan diwujudkan tahun ini karena ini adalah komitmen.

Menurut Agus hingga hari ini,  70% transaksi di setiap pintu tol masih melakukan transaksi tunai. Padahal, sejak tahun 2014, Bank Indonesia sudah berkomitmen mengimplementasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau less cash society. Implementasi ini sangat ditentukan oleh semua stakeholders, khususnya operator jalan tol, perbankan dan masyarakat yang menggunakan jalan tol.

“Kami melihat komitmen dari semua pihak dari BPJT, operator, perbankan, masyarakat itu tinggi. Jadi kita optimistis 2017 bisa akan kita wujudkan,” tambahnya.

Saat ini pemerintah tengah menyelesaikan sistem transaksi non tunai yang bisa digunakan oleh seluruh perbankan di Indonesia. (AS/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.