November 28, 2022

Gerbong Commuter Line Jakarta

WARTAPROPERTI.COM | PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sejak 10 tahun terakhir terus meningkatkan layanannya kepada publik pengguna jasa trasportasi massal ini. Mulai dari diberlakukannya gerbong khusus kaum wanita pada dua gerbong paling ujung, hingga disediakan bangku prioritas bagi lanjut usia dan penyandang cacat di setiap gerbong. Kini, pengelola kereta listrik ini pun mulai melakukan uji coba alat bantu bagi penyandang disabilitas berupa undakan jinjing (portable ramp) bagi pengguna kursi roda yang hendak masuk ke dalam kereta.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, PT KCJ melalui Vice President Komunikasi-nya Eva Chairunisa hari ini, Sabtu (4/3/2017) mengatakan alat dimaksud adalah papan aluminium lipat yang fleksibel untuk dipindahkan dan akan digunakan untuk membantu penumpang KRL yang menggunakan kursi roda naik atau turun dari KRL. Alat tersebut telah diuji coba dan selanjutnya akan diproduksi untuk digunakan di sejumlah stasiun kereta. Mereka menargetkan pada Mei 2017 ini 74 stasiun kereta api sudah menggunakan alat itu.

“Pengguna KRL dengan disabilitas yang memerlukan portable ramp ini akan dibantu oleh petugas pelayanan penumpang di stasiun,” papar Eva.

Penumpang disabilitas akan dibantu oleh petugas pelayanan di stasiun awal sampai dengan naik kereta kemudian berkoordinasi dengan petugas pengawal kereta. Tiba di Stasiun tujuan, petugas pelayanan penumpang di stasiun itu akan melayani penumpang disabilitas tersebut.

Bagi PT KCJ, layanan ini merupakan lanjutan dari perhatian perusahaan bagi para penumpang penyandang disabilitas, setelah sebelumnya dilakukan pemasangan ubin disabilitas di 35 stasiun yang melayani KRL. (AS/Foto:

Leave a Reply

Your email address will not be published.