November 29, 2022

Kerjasama BPJSTK dan BTN sediakan pembiayaan perumahan

WARTAPROPERTI.COM | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) untuk menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan maupun renovasi rumah bagi anggotanya. BPJSTK menyebut, fasilitas pembiayaan perumahan ini merupakan bentuk dari Manfaat Layanan Tambahan (MLT) sekaligus juga untuk mendukung program satu juta rumah dari pemerintah.

“Kami berusaha membantu pekerja memiliki rumah yang layak melalui fasilitas pembiayaan dengan tingkat bunga yang sangat terjangkau, sepanjang masa pinjaman. Kami harap fasilitas ini akan meningkatkan kesadaran pekerja dan pengusaha tentang program BPJS Ketenagakerjaan,” kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto di Menara Jamsostek, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

BTN bekerjasama dengan BPJSTK tidak hanya menyediakan pinjaman untuk memiliki rumah, namun juga pinjaman untuk biaya renovasi rumah dan kredit konstruksi bagi pengembang perumahan. MLT yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan kepada pesertanya terdiri dari 4 jenis, yaitu KPR, Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), dan Kredit Konstruksi bagi pengembang prroperti.

Besar KPR dan PUMP bagi pekerja kategori MBR mencapai 99% dari harga rumah. Sementara, bagi pekerja pada kategori non-MBR mendapatkan pembiayaan maksimal sebesar 95% dengan harga rumah maksimal Rp 500 juta rupiah. Fasilitas ini ditujukan bagi para pekerja yang belum memiliki rumah.

“Untuk masyarakat pekerja yang telah memiliki rumah, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan fasilitas PRP yang bisa didapatkan dengan bunga yang sangat rendah dan maksimal dana pinjaman sebesar Rp 50 juta,” kata Agus.

Lantas bagaimana persyaratan untuk mendapatkan fasilitas ini? Menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, minimal satu tahun lamanya. Selain itu, pinjaman ini merupakan rumah pertama, harga rumah maksimal Rp 500 juta, pinjaman renovasi maksimal Rp 50 juta, dan telah lolos verifikasi perbankan sebagai syarat penerima kredit perumahan.

Selain BTN, BPJSTK juga telah memperluas kerja sama dengan pihak Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BJB. (AS/Foto: Detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published.