November 27, 2022

Anak-anak dan kegiatan pembangunan jalan tol

WARTAPROPERTI.COM | Sulit mengatakan bahwa pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi tidak serius mengatasi masalah infrastruktur. Setelah sekian banyak proyek beroperasi, dikerjakan dan menjelang rampung, satu lagi proyek infrastruktur yang bakal dimulai pembangunannya yakni jalan tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,19 km. Tanda akan dimulainya pembangunan tersebut sejalan dengan kondisi lahan yang sebagian besarnya sudah bebas.

Menurut data Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tangerang Selatan yang diperoleh hari ini, Selasa (21/3/2107), hingga saat ini telah membebaskan tanah untuk kebutuhan proyek tol Kunciran-Serpong mencapai sekitar 85%. Sementara itu,  informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, biaya investasi untuk membangun jalan tol ini mencapai Rp 2,6 triliun.

Rp 990 miliar dari jumlah tersebut adalah biaya pembebasan lahan. Jalan tol ini akan dikerjakan dalam dua seksi mulai dari Kunciran-Parigi, Parigi-Serpong. Badan Usaha Jalan Tol untuk ruas ini ialah PT Marga Trans Nusantara.

Jalan tol Kunciran-Serpong merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road II (JORR II)yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cibitung-Cilincing-Tanjung Priok. Total investasi yang dikucurkan pemerintah untuk JORR II ini mencapai Rp20,21 triliun.

Ruas  tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,4 km menelan investasi paling tinggi yakni Rp 4,5 triliun, disusul Cibitung-Cilincing sepanjang 34,5 km dengan investasi Rp 4,22 triliun. Saat ini yang sudah selesai dibangun dan dioperasikan adalah tol Jagorawi-Cimanggis sepanjang 3,4 Km. (AS/Foto: SkyScraperCity)

Leave a Reply

Your email address will not be published.