December 3, 2022

Presiden Jokowi, James Riady dan Mochtar Riady dalam sebuah acara di Kupang, NTT

WARTAPROPERTI.COM | Masih ingat slogan Jakarta Baru ditahun 2012 yang menghantarkan Jokowi – Ahok menjadi pemimpin di DKI Jakarta? Kala itu, pasangan ini mengusung visi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota modern yang tertata rapi, menjadi tempat hunian yang layak dan manusiawi, memiliki masyarakat yang berkebudayaan, dan dengan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.

Tiga tahun berselang, saat dimana Joko Widodo sudah menjadi presiden dan Ahok gagal menjadi gubernur DKI Jakarta bahkan kini mendekam di tahanan karena kasus penistaan agama, Lippo Group meluncurkan megaproyek mereka yang diberi nama Meikarta. Sebuah kota baru yang akan dibangun di atas lahan seluas 2.200 hektar, tepatnya di antara Cikarang-Karawang dengan investasi sekira Rp278 triliun.

Kota Meikarta ini pun digadang-gadang sebagai Kota Jakarta Baru, sebuah tagline yang mirip-mirip dengan visi Jokowi – Ahok dimasa kampanye dahulu. Jakarta Baru ini pun diproyeksikan akan menjadi seperti kota moderen di China yang dikenal dengan sebutan, a city without story dan menjadi kota pilihan para ekspatriat di China; Shenzhen.

Chief Executive Officer Lippo Group, James Riady kepada media saat peluncuran Meikarta, awal Mei silam mengatakan, “Lippo ingin membangun Kota Jakarta yang baru, yang infrastrukturnya dan sofistikasi berskala internasional. Kami harapkan jadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara. Setiap gedung baru yang digambar adalah yang real yang akan dibangun,” kata dia.

Kota ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas super komplit. Infrastruktur dan fasilitas yang dibangun berskala dan bertaraf kualitas dunia termasuk tujuh mall dengan total luasan 500,000m2, Pusat Rumah Sakit dan Kesehatan Internasional, Pusat Keuangan Internasional (International Financial Center), lima hotel internasional berbintang lima, Perpustakaan Nasional (National Library), Opera Theatre & Art Centre, sepuluh SD Internasional dan Nasional Plus, lima SMP/SMA Nasional dan Internasional, tiga universitas nasional, Pusat Riset Industri, International Exhibition Centre, Indonesian Silicon Valley.

“Harapan kami Meikarta jadi salah satu kota terpenting di Indonesia. Daerah sana adalah Shenzen-nya Indonesia. Lebih dari 1 juta unit mobil, AC, elektronik dibuat di sana,” tukasnya (HH/Foto: Ist)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.