December 6, 2022

Gerbang Villa Kencana Cikarang

WARTAPROPERTI.COM | Warga Sukajadi, Cikarang Utara, Kamis (5/5/2017) mendapat kunjungan Presiden Joko Widodo. Kedatangan orang nomor satu negeri ini untuk meresmikan 8.749 rumah murah di salah satu perumahan di kawasan itu. Villa Kencana Cikarang besutan pengembang PT PT Arrayan Bekasi Development yang dipayungi SPS Group adalah perumahan yang diresmikan, yang pada akhir 2015 silam telah berhasil memecahkan rekor MURI dengan melakukan penandantanganan 1.000 akad KPR dalam 1 hari.

Jokowi tiba di lokasi sekira pukul 16.10 disambut warga yang sudah memadati sepanjang jalan menuju lokasi perumahan yang terletak di ruas jalan utama Pulo Sirih, Sukajadi itu. Ia kemudian berkeliling bahkan masuk ke dalam unit rumah tipe 25/60 yang sudah siap dihuni.

Villa Kencana Cikarang mulai dipasarkan sejak 2015 dan mulai dikembangkan pada 2016. Tahun lalu, unit rumah di sini dijual mulai dari harga Rp130 juta. Tahun ini dengan kenaikan harga rumah bersubsidi maka, pembeli dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), bisa mendapatkan unit rumah di sini dengan bunga  5 persen dan durasi kredit 20 tahun. Uang muka atau down payment (DP) 1 persen, yakni Rp 1,41 juta dan cicilan sekitar Rp 800.000 per bulan.

Perumahan ini dibangun dengan gerbang yang megah dan ruas jalan masuk lebih dari 1 kilometer dengan semen beton. Pengunjung yang datang mungkin tak akan menyangka jika ini adalah perumahan bersubsidi yang harganya tak sampai Rp150 juta. Pasalnya di dalamnya sudah dibangun sebuah masjid, lapangan futsal dan tempat bermain anak yang terletak di belakang masjid.

Presiden Jokowi 7 hari sebelumnya juga meresmikan proyek hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah yakni pembangunan rumah susun milik (rusunami), di Sarua, Tangerang Selatan. Ia menyampaikan itu dalam sambutannya di Villa Kencana Cikarang. Namun, Jokowi mengatakan, dirinya lebih memilih rumah tapak, bukan rusunami. (Naskah dan Foto: HH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.