November 28, 2022

Rumah ditinggal mudik Lebaran

WARTAPROPERTI.COM | Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, menjadi momen tahunan yang memiliki arti penting dan dampak yang signifikan, tidak hanya bagi umat muslim tetapi juga bagi umat lain yang tidak merayakannya. Karena dirayakan oleh mayoritas warga, baik dengan berlibur ke kampung halaman atau mudik hingga bepergian bersama keluarga sambil merayakan Lebaran, membuat suasana di perumahan pun sedikit banyak menjadi berbeda dari kondisi biasanya.

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan warga perumahan yang patut Anda ketahui dalam menyambut datangnya hari raya:

  1. Percantik hunian: Merias kembali rumah atau bahkan melakukan renovasi rumah adalah aktifitas warga perumahan untuk menyambut lebaran. Mulai dari mengecat pagar dan dinding, hingga menata kembali interior dengan furnitur dan gordyn yang baru adalah kebiasaan menyambut Lebaran.
  2. Keamanan rumah: Bagi warga perumahan yang hendak mengisi liburan dengan mudik, akan menyiapkan pengamanan rumah sebaik mungkin agar kondisi rumah aman selama ditinggal mudik. Gembok pagar yang diganti dengan yang lebih kuat, penerangan rumah yang lebih baik serta kunci-kunci pintu dan jendela yang dipastikan berfungsi baik.
  3. Ronda bergilir: Selain keamanan rumah, pengamanan lingkungan perumahan pun dilakukan di saat liburan seperti ini untuk mengantisipasi tindak kriminal yang terjadi di lingkungan perumahan. Warga yang tidak mudik pun akan dilibatkan melakukan penjagaan, apalagi jika petugas keamanan perumahan pun sedang libur.
  4. Banyak portal ditutup: Lagi-lagi untuk kepentingan pengamanan, maka siap-siap mendapatkan banyak portal di perumahan Anda yang tidak bisa dilewati selama masa liburan karena ditutup. Ini untuk mengantisipasi risiko yang bakal muncul karena banyaknya rumah yang ditinggal kosong serta sedikitnya personil keamanan yang bertugas.
  5. Manajemen sampah: Salah satu hal yang selalu terjadi dalam setiap liburan Lebaran adalah menumpuknya sampah di perumahan lantaran petugas pengangkut sampah berlibur. Itu sebabnya, untuk urusan sampah diperlukan perlakuan khusus agar sampah rumah tangga tidak menumpuk atau berserakan selama liburan.
  6. THR bagi petugas di perumahan: Sudah menjadi kebiasaan dan aturan tidak tertulis bahwa menjelang Lebaran, petugas keamanan atau pengurus RT/RW di perumahan akan mendatangi setiap rumah dengan list sumbangan THR bagi petugas keamanan, kebersihan dan lainnya. Anda pun perlu menyiapkan dana khusus untuk yang satu ini. (RM/Foto: Ist)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.