November 28, 2022

Rumah Obama di Jogjakarta (Foto: Kompas)

WARTAPROPERTI.COM | Mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama saat ini tengah berada di Bali bersama keluarganya untuk liburan. Rencananya, setelah dari Bali presiden AS dua periode yang digantikan oleh Donald Trump ini akan melanjutkan liburannya di Jogjakarta. Di sebuah rumah tepatnya di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman, ia akan mengajak keluarganya berkunjung ke sana.

Bagi Obama, kota ini adalah sebuah kota yang menjadi bagian dari masa kecilnya kala berada di Indonesia. Kota ini pun kerap ia kunjungi sebelum menjadi presiden negeri Paman Sam intu. Rumah yang dimaksud di atas, adalah rumah yang dahulu pernah ditempati oleh paman tirinya yakni Prof Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM. Istri Iman adalah kakak dari Dr. Soetoro yang tidak lain adalah ayah tiri Obama.

Widodo, salah seorang pendiri sekaligus pengelola Museum UGM mengatakan kepada KOMPAS, Obama sangat paham sekali dengan rumah di Bulaksumur Blok D7 itu. Pasalnya, Obama sering sekali berkunjung ke rumah itu. Juga, ibunda Obama yakni Ann Dunham pernah menjadi staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM.

Sejumlah barang-barang yang dipakai Obama ketika berlibur ke rumah ini (Foto: Kompas)

Menurut Widodo, Jogjakarta menjadi tempat berlibur saat Obama masih bersekolah di SD di Menteng, Jakarta Pusat. Bersama ayah tirinya Dr. Soetoro dan ibundanya mereka berangkat dari Jakarta menuju Jogja dengan menggunakan kereta api. Keluarga ini selalu menghabiskan liburannya di rumah Bulaksumur Blok D7 karena di rumah ini pula nenek Obama atau  ibu dari Dr Soetoro tinggal.

Rumah ini telah menjadi Museum UGM dengan tetap mempertahakan keaslian bentuk baik luar maupun dalamnya. Bahkan, sejumlah perabotan dari masa lalu masih tersimpan apa adanya di rumah ini. Kamar tidur yang dahulu sering dipakai oleh Obama pun masih berwujud sama, tidak diubah sama sekali. Disini juga masih tersimpan tempat tidur dan kursi yang sering dipakai Obama semasa kecil dahulu.

Ruangan yang dahulu dipakai oleh Obama, sekarang dinamakan ruangan Barry, sebagaimana nama kecil Obama kala itu.  Dulunya di dalam ruangan itu terdapat dua tempat tidur, tetapi salah satunya kini disimpan di Semarang, Jawa Tengah. Tempat tidur tersebut biasa dipakai tiga orang yakni Dr Soetoro, Ann Dunham, dan Obama. Saat tidur, posisi Obama berada di tengah, diapit kedua orangtuanya. Koper Obama biasanya ditaruh di pojok selatan ruangan itu.

Selain masih menyimpan sejumlah mainan Obama semasa kecil, di rumah ini pun terdapat dokumentasi berupa foto-foto Obama kecil dengan putera-puteri pamannya. Juga, bersama keluarga paman serta neneknya. (KMPS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.