December 3, 2022

Kota Jericho di Palestina sebagai kota tertua di dunia

WARTAPROPERTI.COM | Terbentuknya sebuah kota adalah bagian dari peradaban manusia di dunia. Jika hari ini mulai terbentuk kota-kota baru, maka sejatinya sejarah mencatat bahwa sejak ribuan tahun lalu telah ada sejumlah kota tua sebagai pusat-pusat peradaban pada masa itu. Lantas, sejatinya kota apa yang tertua di dunia?

Bicara tentang peradaban masa lalu, orang mungkin akan mengira bahwa kota tertua di dunia berada di Mesir, Yunani atau Suriah. Ternyata salah. Kota tertua di dunia adalah Jericho, sebuah kota yang berada di dalam wilayah negara Palestina. Kota yang relatif kecil ini berada di dekat Sungai Yordan di tepi barat. Menurut beberapa sumber arkeolog telah ditemukan pemukiman tempat tinggal manusia sejak 11.000 tahun yang lalu.

Di beberapa titik lokasi di Jericho juga terdapat tulisan ‘The Oldest City of The World’. Beberapa runtuhan bangunan ribuan tahun lalu, juga dapat kita lihat di kota ini. Selain menjadi kota tertua, Jericho juga menjadi kota yang terletak paling rendah di dunia, yakni berada di 1300 meter di bawah permukaan laut.

Jericho dibangun sejak 9.500 tahun sebelum masehi dengan periode yang dinamakan Pre-Pottery Neolithic A. Setelah itu masuk ke jaman Pre-Pottery Neolithic B. Kota ini mengalami perkembangan yang pesat pada era Bronze atau perunggu yakni pada tahun 4.500 SM hingga 2.000-an SM.

Periode selanjutnya, kota ini sempat jatuh ke tangan Persia dan Yunani yang dikenal dengan sebutan Persian and Early Hellenistic periods. Usai periode ini, barulah Jericho jatuh ke tangan kekuasaan Kaisar Romawi di bahwa Raja Herodes. Selanjutnya, kekuasaan Yahudi masuk ke wilayah ini sebelum akhirnya pada tahun 700-an, kota ini berada di bawah kekuasaan Islam. Dalam perjalanan selanjutnya, kota ini sempat juga menjadi bagian dari kekuasaan Inggris, sekitar tahun 1922.

Sejak tahun 1948, terutama sejak pecahnya perang Arab – Israel, Jericho menjadi kota di bawah wilayah kekuasaan Palestina. (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.