November 27, 2022

Toilet mewah di Supermall Karawaci

WARTAPROPERTI.COM | Pernahkah mendengar ada toilet yang sekali masuk, pengguna harus membayar Rp7.500, lebih mahal beberapa kali lipat dari toilet pada umumnya? Ya, beberapa hari ini viral di media sosial, ada toilet di Supermal Karawaci yang berbeda dari toilet di mal umumnya. Untuk masuk dan menggunakan toilet mewah ini pengunjung mesti membayar lebih besar, sekalipun saban hari penggunanya mencapai 300 orang. Bagi yang menemukan debu di dalam toilet ini, Anda bisa pakai toilet ini gratis selama setahun.

Lantas bagaimana kisah munculnya ide membuat toilet mewah dengan harga sewa pakai yang tinggi ini? Assisten Manager CRM and PR Marcom Department Supermal Karawaci, Ahmad Suhendro berkisah, sebagaimana dialami oleh mal-mal yang lain, selalu saja ada keluhan dan komplain dari pengunjung, mulai dari parkiran yang sulit hingga atrian di toilet yang panjang. Khusus untuk pengguna toilet, untuk meminimalisir komplain itu maka pengelola mal pun membangun toilet iniĀ  untuk menjadi opsi bagi pegunjung yang keberatan mengantri.

“Jadi ide awalnya, ada komplain dari pengunjung soal parkiran susah, lalu toilet yang selalu sibuk, ramai. Terus Pak Heru selaku atasan bertanya, gimana minimalisir soal komplain dari mereka,” kata Henrdo sebagaimana dikutip detikcom, hari ini, Kamis (22/6/2017).

Untuk membedakan dengan toilet yang sudah ada, pengelola sengaja membuat toilet baru yang lebih mewah pada 2016 dengan harga pakai sekali masuk awalnya sebesar Rp5.000. Toilet ini dibangun bekejasama dengan penyedia peralatan kamar mandi. Selain itu, gedung parkiran pun dibangun hingga dapat menampung 2.000 kendaraan.

“Lalu kita buat toilet premium. Kita kepikiran kalau ke luar negeri, kita bayar toilet tapi pasti puas. Lalu dibuatlah premium toilet, berbayar ceritanya,” ujar dia.

Hendro mengatakan toilet ini terbagi dalam enam buah klasifikasi yaitu laki-laki, perempuan, anak-anak, ruang ibu dan ruang untuk difabel. Toilet premium ini baru tersedia di lower ground mal. Dia mengatakan, reaksi beragam dari pengunjung sejak awal hingga saat ini masih bermunculan. Ada pihak yang mem-bully, ada juga yang mengapresiasi.

“Awalnya viral, lalu mereka tanya sih ngapain ke toilet bayar? Gimana kalau kebelet atau sakit? Awalnya banyak yang bully kita. Tapi ada juga yang membela. Ada yang kaget. Ada yang senang. Tapi tak banyak yang komplain sih. Pengalaman customers tuh seru, ada youtuber yang sudah meliput. Banyak juga yang penasaran,” ucapnya.

“Pengunjung banyak juga yang puas. Karena di sini ada hand and body lotion, ada pembalut wanita, ada minuman yang disediakan. Kalau temukan debu di toilet premium ini, akan gratis setahun. Sampai ke situ tantangan dari kita,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.