November 27, 2022

Penampakan angkot ber-AC di Kota Bekasi

WARTAPROPERTI.COM | Di seantero Jabodetabek, Bekasi lagi-lagi jadi pionir penerapan armada angkutan kota yang ber-AC. Kabar mengenai angkot ber-AC sedang hangat-hangatnya dibicarakan dalam dua hari terakhir ini, namun sejatinya Pemkot Bekasi sudah lama menerapkan ini. Secara simbolik sekaligus sebagai pilot project, angkot ber-AC di Kota Bekasi sudah diluncurkan oleh pemerintah setempat sejak 15 Mei 2017 silam. Langkah Bekasi ini diapresiasi oleh Kementerian Perhubungan yang mengimbau daerah lain untuk mengikuti jejak Pemkot Bekasi.

“Kami mengapresiasi usaha yang dilakukan Pemkot Bekasi bekerja sama dengan perusahaan angkutan yang berada di Kota Bekasi dalam memenuhi ketentuan operasional angkutan umum dengan meluncurkan angkutan perkotaan (angkot) ber-AC untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kota Bekasi akan pelayanan angkutan perkotaan yang memenuhi standar pelayanan minimal,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, dalam siaran persnya.

Pudji mengatakan, dinamika di dalam usaha angkutan umum terlihat jelas pada pergeseran dari ability to pay (ATP) menjadi willingness to pay, yang artinya masyarakat lebih mempertimbangkan pelayanan ketimbang biaya yang dikeluarkan.

“Perubahan tersebut mencerminkan kebutuhan masyarakat akan komitmen pelayanan perusahaan angkutan umum yang memenuhi standar pelayanan minimal yang meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan sebagaimana arahan Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015,” ujar Pudji.

Angkot ber-AC yang diluncurkan sejak Mei silam itu saat sudah beroperasi dengan nomor trayek 02 yang melayani rute Terminal Bekasi -Pondok Gede. Sekalipun masih berupa pilot project dengan jumlah yang hanya 1 unit, langkah Pemkot Bekasi sangat diapresiasi. Apalagi seturut Peraturan Menteri Perhubungan No. 29 Tahun 2015, disebutkan paling lambat pada tahun 2018 seluruh angkutan umum wajib menggunakan AC dengan temperatur 20-25 derajat Celsius.

Kota Bekasi kerap dipandang sebelah mata oleh warga lain di Jabodetabek. Bahkan, dua tahun silam jagad media sosial heboh dengan celotehan yang meremehkan keberadaan Bekasi sebagai sebuah kota di planet lain. Namun seiring dengan perkembangan waktu, Bekasi membuktikan dirinya sebagai sebagai sebuah kota yang lebih maju, bahkan dalam beberapa hal tertentu melampui sejumlah kota di sekeliling Jakarta.

Masih mau ngebully Bekasi? (AS/Foto: Dok. Kemenhub)

Leave a Reply

Your email address will not be published.