November 27, 2022

Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Rini Soemarno di lokasi proyek tol layang Becakayu, Kalimalang

WARTAPROPERTI.COM | Informasi yang diperoleh dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) hari ini (5/7/2017) menyebutkan, akan ada 6 ruas jalan tol baru yang dijadwalkan akan dioperasikan pada bulan ini. Keenam ruas tol tersebut antara lain seksi III ruas Semarang-Solo, seksi I Gempol-Pasuruan, seksi II dan III Medan-Binjai, seksi I dan III Palembang-Indralaya, paket II Bakauheni-Terbanggi Besar dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) seksi I. Sebelumnya, ruas-ruas tol tersebut sudah mulai dipergunakan untuk melayani arus mudik dan arus balik mudik Lebaran yang lalu.

Berikut ini detail kondisi ruas-ruas tol tersebut:

  1. Seksi III Semarang-Solo adalah ruas tol yang menyambungkan Bawen dan Salatiga. Pembangunan jalan tol ini sudah mencapai tahap akhir dengan progres konstruksinya sudah mencapai lebih dari 99%. Masih ada pekerjaan galian timbunan tanah, dan pekerjaan rigid, selebihnya sudah dalam kondisi laik operasi.
  2. Ruas Gempol-Pasuruan seksi I adalah jalan yang menyambungkan Gempol dan Rembang sepanjang 13,9 km. Hingga akhir Juni lalu, realisasi fisik telah mencapai 99,39%.
  3. Ruas Medan-Binjai seksi II dan III adalah jalan tol yang melintas dari Helvetia hingga Binjai sepanjang 10,46 km. Kedua seksi ini juga bagian dari 65 km Tol Trans Sumatera.
  4. Ruas Palembang-Indralaya seksi I (Palembang-Pamulutan) 7,75 km dan seksi III (KTM-Simpang) 9,28 km dan juga Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket II, Segmen Lematang-Kota Baru 5,02 km.
  5. Ruas tol Becakayu seksi I Segmen Pangkaljati-Jaka Sampurna 8,28 km.

Target pengoperasian pada Juli ini sebenarnya molor dari proyeksi yang dilakukan pada awal tahun dimana sebelumnya diproyeksi bisa beroperasi pada bulan April lalu. Terdapat sejumlah kendala pembebasan lahan dan juga cuaca yang menghambat operasional pekerjaan di lapangan. (DTK/HH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.