November 28, 2022

Lebih hemat jika dinding rumah Anda dicat lagi setiap 12 tahun sekali

WARTAPROPERTI.COM | Anda pernah merasakan masalah dengan kecerahan warna cat rumah? Tidak sedikit konsumen yang mengeluhkan daya tahan cat yang digunakan untuk dinding rumah baik indoor maupun outdoor yang tidak kinclong lagi atau bahkan mengelupas dalam kurun waktu yang tidak lama. Apalagi dengan kondisi iklim di Indonesia, negara tropis yang selalu berganti antara panas dan hujan yang otomatis memberikan pengaruh yang signifikan bagi ketahanan cat yang dipakai.

Untuk menjawabi persoalan ini, baru-baru ini Jotun, produsen cat asal Norwegia, telah merilis sebuah produk terbaru yakni Jotashield Colour Extreme untuk dinding luar yang daya tahannya mereka klaim hingga 12 tahun.

Cat ini dikhususkan untuk penggunaan pada dinding bagian luar. Diklaim berdaya tahan lama karena Jotashield Colour Extreme dilengkapi fitur tahan air atau tidak menyerap air (water resistant), juga tahan lumut dan jamur (algae dan fungal), serta tahan sinar ultraviolet dari matahari. Produk ini juga anti debu dan noda cair.

Dikala hujan, kotoran dan debu akan tersapu sendiri oleh air hujan karena bahan cat membuat kotoran dan debu tidak dapat melekat. Jikalau ada kotoran yang melekat, Anda tinggal melap dengan kain basah dan kotoran akan hilang dengan cepat, klaim Jotun.

Untuk hunian yang punya anak-anak, jangan khawatir karena bahan pembuat cat ini ramah lingkungan dan aman termasuk bagi anak-anak. Namun harus diingat bahwa sebelum mengaplikasikan cat ini di dinding, harus dipastikan bahwa dinding dalam keadaan yang bersih dan kering. Jangan lupa melakukannya setelah dinding diberikan cat dasar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Produk Jotun ini disediakan dalam kemasan 2,5 liter hingga 20 liter dengan 165 pilihan warna. Harga cat memang lebih tinggi dibandingkan produk lain namun sesungguhnya secara jangka panjang menggunakan cat ini akan memberikan penghematan dari aspek yang lain seperti ongkos tukang cat. Belum lagi tingkat kerepotan yang harus ditanggung karena jika menggunakan cat biasa, saban 3 hingga 5 tahun, Anda harus mengecat ulang dinding rumah Anda. Dengan cat ini, Jotun mengklaim, Anda hanya perlu mengecat ulang setelah 12 tahun.

Anda tinggal putuskan, mau cat yang murah dan setiap 3-5 tahun harus mengecat ulang, ataukah dengan harga yang lebih mahal tetapi dinding Anda tahan lama hingga 12 tahun? (HH/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.