November 27, 2022

Pasangan sedang bermesraan di area terbuka di Kuba (Foto: REUTERS)

WARTAPROPERTI.COM | Otoritas pemerintah Kuba di ibukota Havana mengumumkan bahwa mereka akan menghidupkan kembali jaringan hotel dimana kamar-kamar hotelnya disewakan kepada orang-orang yang ingin bercinta. Kantor berita REUTERS (3/7/2017) mengabarkan, hotel yang dikenal dengan nama ‘posadas’ atau motel cinta itu hilang dari peredaran menjelang era 1990-an pada saat negara ini mengalami krisis ekonomi.

Warga kota kemudian mengisi celah pasar yang ditinggalkan oleh posadas dengan menyewakan kamar-kamar di rumah mereka. Namun, harga sewa kamar untuk kebutuhan bercinta di Kota Havana sangat mahal. Akibat dari mahalnya harga sewa kamar, warga pun kerap melakukannya di ruang terbuka.

Pejabat Kuba mengatakan, posadas akan lebih murah dibandingkan kamar-kamar sewa di rumah warga. Dan lagi, kebijakan ini akan membantu praktik-praktik bercinta di ruang-ruang terbuka di kota itu.

REUTERS menyebut, kamar-kamar swasta atau privat yang disewakan lengkap dengan fasilitas seperti AC, lemari es dan tempat tidur yang nyaman. Namun harga yang dipatok pun relatif tinggi, sekira $5 untuk tiga jam pemakaian. Jika dirupiahkan, setara dengan Rp65.000-an.

Angka ini bagi masyarakat di Kuba tergolong tinggi karena mencapai seperenam dari rata-rata gaji bulanan di negara itu. Asal tahu saja, rata-rata gaji bulanan di sana sekira $29,60 per bulan atau sekira Rp384.800 per bulan. Angka ini tidak terjangkau bagi banyak orang.

Pejabat perumahan rakyat di Havana mengatakan jaringan baru yang terdiri dari lima posadas itu akan sangat menguntungkan dan akan membantu orang-orang yang berjuang dengan kondidi perumahan dan permukiman di Kota Havana yang penuh sesak itu. Banyak keluarga di Havana harus berbagi apartemen. Pasangan yang bercerai pun sering dipaksa untuk tetap bersama karena kekurangan tempat tinggal.

Para pejabat mengatakan, mereka berharap agar jaringan baru posadas itu akan memberikan pilihan lebih murah untuk untuk mereka yang hendak bercinta. Pasalnya, pasangan yang sedang bercinta adalah pemandangan umum di taman-taman di Kota Havana, juga di pantai dan di pinggir laut Malecon yang terkenal itu.

Seorang komentator di surat kabar Trabajadores (dalam bahasa Spanyol) mengatakan, dirinya teringat bahwa posadas pertama dibuka pada akhir abad ke-19 di pusat Kota Havanadan kebanyakan orang Kuba memiliki kenangan yang jelas akan peristiwa itu. “Ciuman yang tak terlupakan dari sang kekasih dan petugas hotel yang memanggil karena waktu bercinta telah selesai”. (REUTERS/HH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.