November 28, 2022

Antrian kendaraan yang mengular di ruas tol Jakarta-Cikampek

WARTAPROPERTI.COM | Pengalaman menerapkan sistim ganjil genal di kawasan segitiga emas, Sudirman, Thamrind dan Gatot Subroto, sebentar lagi akan diterapkan di ruas tol Jakarta – Cikampek.  Menurut rencana, akhir Agustus ini, pihak otoritas jalan tol akan memberlakukan sistim ini. Demikian dikabarkan Kompas kemarin (15/8/2017), mengutip Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono yang membenarkan adanya rencana penerapan ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek.

Ia menjelaskan, penerapan ganjil-genap di dalam tol ini akan dimulai dari Tol Bekasi Barat hingga keluar Tol Semanggi.

“Iya betul. Kita akan melakukan kebijakan ‘push’, artinya mendorong supaya orang-orang yang menggunakan kendaraan pribadi jadi naik angkutan umum,” ujar Bambang Selasa (15/8/2017) malam.

Menurut dia, detailnya sama seperti sistim ganjil genap yang diberlakukan di kawasan Sudirman-Thamrin dimana jam-jam sibuk jam 6 sampai jam 9 hanya boleh (mobil) ganjil atau genap sesuai dengan tanggal kalender pada hari tersebut. Sistim ini diterapkan untuk mengurangi 50 persen kemacetan yang ada terutama di dalam tol mulai dari Bekasi Barat yang semula ada sekitar 40 ribu kendaraan setiap harinya ke Jakarta maupun sebaliknya.

Sebagaimana yang terjadi belakangan ini, kemacetan tersebut juga disebabkan oleh pembangunan MRT, LRT, dan Tol Jakarta-Cikampek Elevated. Pembangunan itu membuat sebagian ruas jalan terpakai, kemudian daya tampung jalan berkurang yang menyebabkan kemacetan. Bahkan kemacetan pun merambat hingga ke arah jalur JORR, baik yang dari arah Taman Mini maupun yang dari arah Cakung.

Pihak BPJT, kata Bambang, sudah melakukan sosialisasi dan akan melanjutkan sosialisasi perihal penerapan ganjil-genap di Tol Bekasi Barat hingga Semanggi. Penerapan ganjil-genap di Tol Bekasi Barat hingga Semanggi akan dilakukan secepatnya yang diperkirakan diterapkan pada akhir Agustus 2017. Kebijakan ini tidak dapat ditunda lagi. (JK/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.