November 27, 2022

Uji coba layanan skytrain di Bandara Soekarno Hatta

WARTAPROPERTI.COM | Skytrain di Bandara Soekarno Hatta akan mulai mengangkut penumpang pada September 2017 mendatang. Skytrain atau automated people mover system (APMS) saat ini sudah beroperasi namun masih sebatas uji coba tanpa mengangkut penumpang dari Terminal 3 ke Terminal 2. Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memastikan, layanan kereta tanpa awak ini akan gratis.

Skytrain merupakan moda transportasi berupa kereta ringan untuk memudahkan perpindahan pengguna jasa bandara dari satu terminal ke terminal yang lain.

“Penggunaan skytrain oleh penumpang pesawat atau pengunjung bandara sama sekali tidak dikenakan tambahan biaya,” kata Awaluddin kepada pewarta di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (15/8/2017).

Skytrain terletak di area publik setiap terminal. Untuk tahap pertama, tiga trainset skytrain diuji coba dari Terminal 3 menuju Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dengan panjang lintasan uji coba 1,7 kilometer.

Secara bertahap, skytrain akan dioperasikan dari Terminal 2 ke Terminal 1, lalu ke integrated building yang terkoneksi langsung dengan layanan kereta bandara, dan kembali lagi ke Terminal 3.

Untuk headway skytrain, ditargetkan setiap lima menit sekali. Artinya, setiap lima menit sekali pengguna jasa bandara bisa menaiki skytrain di tiap terminal.

Awaluddin menyampaikan, pihaknya merencanakan skytrain beroperasi penuh pada akhir 2017 mendatang.

Saat ini, uji coba skytrain dilangsungkan di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan selama sebulan untuk dievaluasi dan dinyatakan lolos sertifikasi atau tidak. (KPS/Foto: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.