November 29, 2022

Olivia Surodjo bersama jajaran direksi Metland (Foto: Metland)

WARTAPROPERTI.COM | Turunnya tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan membuat PT Metropolitan Land,Tbk harus berpikir ulang untuk memulai pembangunan proyek pusat perbelanjaan di Metland Cibitung, Bekasi. Sedianya, Metland Mall Cibitung sudah mulai dibangun pada akhir tahun ini. Demikian keterangan yang disampaikan Direktur Keuangan PT Metropolitan Land,Tbk Olivia Surodjo, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Senin (20/11/2017).

Ia mengatakan penundaan ini menyebabkan belanja modal tahun ini mengalami pergeseran ke proyek yang lebih produktif. Rencana pengembangan proyek Vila dan Hotel di Bali yang tidak masuk rencana akhir tahun ini justru lebih dulu diluncurkan setelah menunda pembangunan ritel.

“Daripada kami bangun mal, saat jadi 2 tahun lagi, ternyata arahnya sudah beda. Lebih baik kami tunda, kami sesuaikan dengan apa yang dicari market. Pada waktu kami merencanakan ini dua tahun lalu kan beda. Beberapa tahun terakhir perkembangan pasar cepat sekali berubah,” katanya.

Emiten berkode saham MLTA itu masih melakukan studi untuk dapat menangkap kemauan pasar kini. Pasalnya industri ritel pun tengah turun dengan tutupnya sejumlah ritel.

Selain itu Olivia mengungkapkan sedang mengkaji untuk mengubah konsep mal menjadi area komersial stand alone, ataupun lifestyle center.

Dia mencontohkan konsep stand alone komersial saat ini seperti rencana merek makanan cepat saji. Mc Donald’s ataupun AW yang gencar mencari lahan 500.000 meter persegi – 2.000 meter persegi untuk beroperasional 24 jam yang tidak mungkin dilakukan di pusat perbelanjaan. Ataupun juga konsep edutaiment yang bisa dikembangkan di pusat perbelanjaan.

“Pergeseran yang ini perlu kami pelajari, Orang ke mall sekarang tidak melulu belanja kan,” imbuhnya

Metropolitan Mall Cibitung mulanya direncanakan di dalam area pengembangan multifungsi Metland Millenial City seluas 70 hektar. Proyek ini terintegrasi dengan Stasiun Cibitung. (HH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.