December 6, 2022

Gerbang Villa Kencana Cikarang

CIKARANG – SPS Grup, pengembang yang dikenal sebagai rajanya rumah bersubsidi di kawasan Cikarang, Bekasi ini mencatatkan penjualan sebanyak 15.000 unit dari penjualan proyek hunian di Villa Kencana Cikarang. Proyek ini mendapatkan dampak yang signifikan dari kehadiran Presiden Joko Widodo saat datang meresmikan proyek ini pada pertengahan tahun lalu, sebagaimana diungkapkan Tuti Mugiastuti, General Manager SPS Group.

“Kehadiran Pak Jokowi meresmikan proyek kami sangat berpengaruh terhadap penjualan unit di grup perusahaan kami terutama Villa Kencana Cikarang,” katanya baru-baru ini.

Sekalipun merupakan perumahan bersubsidi, SPS Group tetap mempertimbangkan aspek infrastruktur yang ada di kawasan Villa Kencana Cikarang. Terkait dengan kondisi cuaca ekstrim beberapa hari lalu yang menyebabkan sebagian kecil kawasan ini terendam banjir, dari 8.647 unit yang dibangun hanya 50 unit yang terkena dampak banjir yang artinya hanya 0,5% dari total luas kawasan.

Tuti menjelaskan bahwa standar kualifikasinya sudah di atas peil banjir, artinya ketinggian muka tanah secara hidrologi paling aman dari risiko banjir. Aliran sungai di kawasan VKC sudah  baik karena rutin melakukan normalisasi agar sungai tidak mengalami pendangkalan.

Salah satu penyebab  VKC sempat mengalami banjir adalah kondisi sungai setelah atau di luar kawasan yang notabene milik warga belum dinormalisasi, sehingga tidak mampu menahan derasnya debit air.  Karena tidak mampu menahan derasnya air, akhirnya debit air itu berbalik dan masuk ke kawasan perumahan.

Pihaknya berharap warga penghuni tidak perlu panik menghadapi kondisi tersebut, karena SPS Group saat ini sedang koordinasi dengan Dinas Pengairan dan Pemda dalam mengatasi kondisi tersebut agar kejadian ini tidak terulang lagi.

“Kami juga menyarankan kepada Pemda setempat untuk segera melakukan normalisasi sungai yang ada di wilayah-wilayah yang pembangunan pembangunan properti nya sedang pesat,” kata Tuti. Menurutnya, bahwa aliran sungai ini harus terintegrasi mulai dari dalam kawasan perumahan hingga di aliran sungai terakhir menuju ke laut. (BI/Foto: FL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.