December 3, 2022
Gamcheon Cultur Village, desa yang menawan di Busan, Korea Selatan (Foto: The Classic Wanderer)

Presiden Joko Widodo terpikat hatinya ketika menyaksikan sendiri keindahan dan potensi ekonomi Gamcheon Culture Village di Busan, Korea Selatan. Para kepala daerah di Indonesia diharapkan menjadikan desa ini sebagai inspirasi.

BUSAN, KORSEL – WARTAPROPERTI.COM | Inspirasi yang dimaksudkan oleh Presiden Jokowi untuk para kepala daerah di Indonesia, tidak hanya terkait fisik desa itu, tetapi juga dari sisi peningkatan secara ekonomi. Demikian disampaikan oleh presiden dalam keterangan tertulis, ketika mengunjungi Gamcheon Culture Village hari ini 24/11/2019.

Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo di Gamcheon, Busan (Foto: Istana Kepresidenan)

“Paling tidak ya ide-ide seperti ini bisa memberikan inspirasi bagi kepala daerah kita, bagi kampung-kampung kita, bagi desa-desa kita, bahwa dari yang sebelumnya kumuh tidak tertata, kemudian bisa ditata dan bisa mendatangkan peningkatan ekonomi bagi masyarakat,” ungkap Jokowi.

Gamcheon Culture Village adalah sebuah desa yang terletak pada areal dengan kontur yang tidak ideal. Ia terletak di lereng gunung yang cukup curam. Karena kontur yang seperti itu, desa ini juga dikenal sebagai Machu Picchu versi Busan.

Jauh sebelum dikenal sebagai desa kultural, Gamcheon adalah sebuah kampung kumuh. Kampung ini kemudian ditata sehingga menjadi sebuah titik yang menarik bagi turis.

Tengok saja, semua rumah-rumahnya dicat berwarna-warni. Dindingnya dihiasi lukisan mural. Atap rumah-rumah tersebut pun terlihat bertumpuk jika dilihat dari ketinggian. Lorong serta jalan yang sempit di Gamcheon kini dipenuhi oleh toko suvenir, galeri, dan tempat makan.

Jika ditelisik, di Indonesia pun sudah ada desa yang ditata mirip desa di Busan ini. Presiden Jokowi pun mengakui hal itu. Namun, ia menilai penataan yang dilakukan masih berbeda dengan di Gamcheon. “Ada beberapa mungkin di desa di kita yang sudah dengan versi berbeda misalnya kampung, di pondok, ya itu di Klaten dan juga di Yogya, di Gunung Kidul, di Nglanggeran, sudah dengan versi yang berbeda-beda ya,” tuturnya.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi, ketika berada di Gamcheon, juga menyempatkan diri menyantap makanan khas Korea di salah satu kafe. Jokowi juga memuji harga makanan dan minuman di kafe tersebut yang dinilainya murah.

“Jadi, misalnya di sini ada kafe, kita bisa minum kopi tapi murah. Kemudian juga ini makanan-makanan seperti ini, tetapi memang kemasannya dikemas dengan sangat bagus, diberikan brand. Ya penyajiannya sangat baik, tapi murah, sangat murah,” kata Jokowi. (Natasha Sashabilla)

Leave a Reply

Your email address will not be published.