November 28, 2022

Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno dan Sudirman Said (Foto: Okezone)

Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno dan Sudirman Said (Foto: Okezone)

Rusunami DP Nol Rupiah di Klapa Residence, tersedia 780 unit. Sayangnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya sanggup menjual 100 unit. Padahal targetnya selama menjabat adalah 232.214 unit rusunami.

JAKARTA-WARTAPROPERTI.COM | Ketua Fraksi Demokrat Desie Christhyana Sari menyoroti lambatnya penjualan unit rusunami DP Rp 0 di Pondok Kelapa Jakarta Timur. Pasalnya, hingga memasuki tahun ketiga masa jabatan Gubernur Anies Baswedan, hanya 780 unit rusunami yang telah dibangun dan dari jumlah tersebut, baru 100 unit yang terjual.

“Fraksi Partai Demokrat melihat adanya permasalahan yang harus diselesaikan, yaitu prosedur DP Rp 0 yang rumit dan berlarut-larut,” ucap Desie.

Sebelumnya, pejabat Pemprov DKI Jakarta sendirilah yang mengakui jika dari 780 unit, baru 100 unit yang terjual. “(Penghuni) sekitar 100 orang dari 780 unit,” ujar┬áKepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Kelik Indriyanto di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Kelik mengatakan, sebenarnya banyak warga yang mendaftar untuk membeli rusunami DP Rp 0. Banyak pula yang sudah dinyatakan memenuhi syarat administrasi oleh Dinas Perumahan. Namun, kebanyakan pendaftar tidak lolos verifikasi bank sehingga tidak bisa menyicil rusunami DP Rp 0.

“(Jumlah penghuni) masih rendah itu memang ada beberapa persyaratan di Bank DKI belum bisa lolos, jadi peminat banyak,” kata dia.

Salah satu hal yang menyebabkan pendaftar tidak lolos verifikasi bank, yakni memiliki cicilan lain. “Ada beberapa peminat hunian yang sudah punya kredit lain, ada kredit elektronik, kredit motor, ini mungkin BI checking istilahnya ya, itu enggak masuk (lolos verifikasi),” ucap Kelik. (Marlo KR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.