December 3, 2022
Salah satu aplikasi smart home untuk lighting (Foto: ubisen.com)

Ketika orang sudah biasa dengan bantuan teknologi di rumahnya, mereka akan mencari juga kemudahan serupa di kantor. Ke depannya, penerapan konsep rumah pintar akan memengaruhi penerapannya di ruang kantor juga

JAKARTA-WARTAPROPERTI.COM | Tom Carroll, Head of EMEA Corporate Research JLL, melalui laporan tertulisnya mengatakan, tren canggih pertama yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah voice assistant. Aplikasi ini untuk membantu manusia dengan berbasis pada suara. Pengguna bisa meminta voice assistant untuk membantu memainan musik, menyalakan, atau mematikan lampu dengan melakukan perintah suara.

Sementara itu,

Nick Whitten, Director of UK Research JLL, memprediksikan penggunaan teknologi berbasis perintah suara akan memiliki perkembangan yang pesat di ruang-ruang kehidupan manusia, seperti rumah dan kantor.

Saat ini di ruang kantor, teknologi perintah suara memang belum banyak digunakan. Tetapi dengan makin berkembangnya teknologi, penggunaan penolong berbasis suara akan banyak diperlukan untuk menjalankan berbagai tugas domestik.

“Meskipun penggunaan voice assistant belum mengalami perubahan drastis saat ini, tapi perkembagannya cukup menarik, di kantor, misalnya, untuk lebih mudah mengakses website, mengelola penggunaan ruang rapat, atau sebagai alat presensi karyawan,” imbuh Whitten.

Selanjutnya, teknologi selanjutnya yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah penggunaan lampu pintar atau pengatur suhu ruangan otomatis.

Menurut Carroll, ruang kantor pintar bisa menggunakan lampu yang menyala atau mati dengan sensor gerakan. Misalnya, lampu menyala ketika mendeteksi ada orang masuk ruangan dan mati otomatis setelah ruangan kosong. Hal itu juga berlaku pada pengatur suhu ruangan otomatis.

Penggunaan teknologi seperti pemantau jarak jauh, video pengawas, sensor gerak, dan kartu kunci atau pintu masuk biometrik mulai umum digunakan sebagai metode pengamanan modern bagi perusahaan meskipun saat ini fitur tersebut baru familiar digunakan pada hunian. (HM/Bisnis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.