December 3, 2022
Properti di Hongkong (Foto: Luciano Mortula)

Senior Associate Director of Research at Centaline Property Agency Wong Leung-sing mengatakan pada April 2021, terdapat 9.100 transaksi properti di Hongkong dengan nilai HKD82,5 miliar atau setara US$10,6 miliar.

Property Guru Report (Sabtu/8/5/2021)

HONGKONG – Pasar properti di Hongkong mulai mengalami pemulihan setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Pemulihan ini bahkan menuju pada lonjakan baru, sebagaimana dilaporkan oleh Property Guru dalam laporan mereka pada Sabtu, 8/5/2021 kemarin. Disebutkan Senior Associate Director of Research at Centaline Property Agency Wong Leung-sing, pada April 2021, terdapat 9.100 transaksi properti di Hongkong dengan nilai HKD82,5 miliar atau setara US$10,6 miliar.

Nilai transaksi ini menunjukan adanya kenaikan dari total transaksi yang dicatat pada Maret 2021 yang hanya mencapai 9.067 atau naik 0.4%. Sementara itu dari sisi nilai transaksinya ada kenaikan sebesar 5,7% dari HK$78 miliar pada Maret lalu.

Lantas jenis properti apa saja yang mencatatkan penjualan sebanyak ini? Wong mengatakan, penjualan rumah bekas telah melampaui jumlah penjualan rumah baru. Demikian juga penjualan area komersil tergolong tinggi. Ia bahkan menyebutkan, catatan ini akan menjadi rekor tertinggi pada segmen rumah bekas, sejak Oktober 2012.

Hal sebaliknya tidak terjadi pada segmen rumah baru. Justru pada bulan lalu penjualan mengalami penurunan hingga 34,7%.

Menanggapi tren pasar yang mulai menunjukan grafik menanjak ini, dikabarkan sejumlah developer mulai berencana melakukan peningkatan harga pada periode penjualan berikutnya. (PG/Marlo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.