November 28, 2022
BTN melalui laman resminya memberikan promo khusus bunga KPR sebesar 3,72 persen dengan masa berlaku 1 April-Desember 2022. (Foto: Ivoox.id)

Rata-rata bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) perbankan nasional dan umum saat ini sebesar 8,57 persen per Juli 2022, turun dibandingkan bulan sebelumnya.

Rata-rata bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) perbankan nasional dan umum saat ini sebesar 8,57 persen per Juli 2022. Besaran suku bunga itu turun dibandingkan rata-rata Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) KPR per Juni yang sebesar 8,66 persen.

Mengutip data SBDK yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Juli 2022, Senin (19/9), bunga KPR yang dipatok oleh Bank Himbara tercatat sama yakni 7,25 persen.

Begitu juga dengan SBDK kredit non KPR yang dipatok baik BRI, BNI, BTN maupun Bank Mandiri sebesar 8,75 persen.

Sedangkan, bank swasta yakni BCA mematok bunga KPR lebih rendah yakni 7,20 persen dan non KPR sebesar 5,96 persen. Bank swasta lainnya mematok bunga KPR lebih tinggi.

Misalnya, Bank Danamon menetapkan SBDK KPR sebesar 8 persen dan non KPR 9,25 persen, serta Bank Permata menetapkan bunga KPR maupun non KPR 8,25 persen.

Selanjutnya, Bank Maybank Indonesia mematok SBDK KPR sebesar 8 persen dan non KPR 8,75 persen. Lalu, Bank CIMB Niaga menetapkan bunga KPR 7,25 persen dan non KPR 8,5 persen.

Perlu diketahui, SBDK biasanya digunakan perbankan sebagai dasar penetapan suku bunga kredit yang akan dikenakan kepada nasabah. SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap risiko masing-masing debitur atau kelompok debitur.

Dengan demikian, besarnya suku bunga kredit yang dikenakan kepada debitur biasanya belum tentu sama dengan SBDK. Tergantung pada risiko masing-masing nasabah.

Meski demikian, setiap perbankan biasanya memberikan promo bunga KPR yang menarik bagi nasabahnya untuk jangka waktu tertentu.

Misalnya saja BTN melalui laman resminya memberikan promo khusus bunga KPR sebesar 3,72 persen dengan masa berlaku 1 April-Desember 2022. Ini berlaku bagi konsumen yang mengajukan KPR ke developer peserta pameran BTN Virtual Expo.

Sementara itu, BCA memberikan bunga KPR promo fix atau flat untuk jangka waktu tertentu. Misalnya bunga fix 3 tahun dengan tenor 10 tahun diberikan hanya 3,85 persen, setelah tiga tahun bunga bakal mengikuti atau floating.

Kemudian, BCA juga memberikan bunga fix berjenjang. Dalam hal ini bunga diberikan berbeda dalam jangka waktu tertentu. Misalnya fix 10 tahun, bunganya 4,25 persen pada tahun pertama sampai ketiga, lalu menjadi 7,55 persen pada tahun keempat sampai keenam, dan menjadi 9,55 persen pada tahun ke tujuh sampai sepuluh.

Promo bunga KPR BCA ini berlaku mulai 1 September 2022. Sedangkan suku bunga floating KPR BCA yang saat ini berlaku adalah 11 persen.

Bank Mandiri melalui laman resminya juga memberikan promo bunga KPR khusus untuk pegawai (payroll menggunakan Mandiri) sesuai dengan tenornya. Misalnya tenor 10 tahun diberikan bunga 8,50 persen fixed. Sedangkan, untuk tenor 12 tahun diberikan bunga 5,99 persen fixed 5 tahun, dan tahun selanjutnya floating. (CNN/ID)

Leave a Reply

Your email address will not be published.