November 28, 2022
Darmadi Darmawangsa: “Bandul jam ketika berada pada posisi jam 6, posisinya paling jelek tetapi kecepatannya paling tinggi.” (Foto: IWATV)

Jarum jam properti Indonesia sedang berada di posisi 06.30. Pasar mulai pulih, saat yang paling tepat untuk membeli properti. Jangan tunggu sampai jarum jam memuncak di posisi 12.00.

Bos Era Indonesia, Darmadi Darmawangsa kepada media ini mengatakan, pembeli properti di Indonesia mesti diedukasi mengenai situasi pasar yang tepat bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal dalam investasi properti. Ia menggambarkan bahwa setelah 2 tahun pasar tiarap karena pandemi, kita pasar mulai bangkit dan perlahan mulai beranjak naik.

“Bandul jam ketika berada pada posisi jam 6, posisinya paling jelek tetapi kecepatannya paling tinggi. Karena bandulnya akan bergerak, malah jika dibandingkan pada posisi jam 12, kecepatannya paling lemah. Selama 2 tahun ini kita pada posisi jam 6. Disini waktu terbaik untuk beli karena buyers yang mengendalikan pasar. Sekarang ini posisi di jam berapa, menurut saya antara jam 6 ke jam 7.”

Indikatornya apa? Menurut Darmadi ketika ditemui disela sessi shooting di IWATV, saat ini rasionalitas mulai turun dan emosional mulai naik. Developer mulai mengeluarkan produk-produk baru. Pasar juga mulai berani menyerap produk-produk yang dikembangkan.

“Kalau Anda ingin bermain tidak terlalu lama, 3-5 tahun, maka Anda akan bertemu dengan quadran ke-4 dimana saat properti booming. Nah saat yang tepat untuk masuk ke pasar adalah saat blooming seperti saat ini.”

Pria yang dijuluki sebagai master of motivation ini juga menyebutkan bahwa situasi ekonomi makro di Indonesia pun sangat mendukung recovery pasar menjadi lebih cepat pulih. Suku bunga terkendali dengan baik, demikian juga inflasi yang terjadi dan ini dapat terjadi berkat kerja keras pemerintah dalam mengarungi badai pandemi 2 tahun kemarin. (Ferdinand Lamak)

Leave a Reply

Your email address will not be published.